Workshop English for Public Relation and Journalism berbasis Digital bagi Siswa SMKN 2 Padang Panjang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2024 Carbiriena Solusia, Devy Kurnia Alamsyah, Atmazaki Atmazaki, Nur Rosita
DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v6i1.131089
Full Text: Language : en
Abstract
Sektor Pariwisata semakin menggeliat baik dalam kancah lokal maupun global. Hal ini membuat posisi kehumasan dan jurnalistik menjadi sangat krusial dalam tataran pemasaran pariwisata kepada turis lokal maupun manca negara. Lulusan siswa SMK konsentrasi Produk Siaran Program Televisi (PSPT) sebagai calon aktor akan terlibat didalamnya dan SMKN 2 Padang Panjang sebagai salah satu SMK yang memiliki program kejuruan produksi siaran program televisi menggaungkan broadcasting sebagai penciri utama sekolah. Pembelajaran broadcasting di sekolah ini haruslah diintegrasikan dengan bahasa Inggris, mengingat program revitalisasi SMK adalah pengaplikasian bilingual learning ecosystem dimana bahasa Inggris adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan SMK dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi persaingan global yang semakin kompleks. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran berbasis produksi dengan pendekatan teaching factory dan business centre. Namun demikian, terdapat beberapa permasalahan internal terkait hal ini seperti belum meratanya kemampuan siswa dalam hal kehumasan dan jurnalistik, belum spesifiknya bahan ajar Bahasa Inggris untuk SMK dalam konsentrasi jurusan tersebut, rendahnya keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris dalam konteks kegunaan kehumasan dan jurnalistik. Maka dari itu diperlukan langkah kongkrit untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan pemberian workshop kepada siswa. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah memberikan workshop terpadu atau pelatihan penguatan kompetensi kehumasan dan jurnalistik berbasis digital berbahasa Inggris sebagai implementasi bilingual learning ecosystem di SMK.
Keywords
References
Arumsari, N., Nisa, A. N. S., Lestari, S. I., Fatimah, S., & Wahyudianto, A. (2022). Menjadi Jurnalis Milenial Di Era Digital. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 106-111.
Ashari, M. (2019). Jurnalisme digital: Dari pengumpulan informasi sampai penyebaran pesan. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(1), 1-16.
Carreza, A. N., & Mariono, A. (2022). Efektivitas Bahan Pelatihan Jurnalistik Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Dan Kemampuan Prosedural Bagi Siswa Smp.
Hamson, Z., Nurdin, N. H., Yusuf, R. I., Idris, M., & Atrianingsi, A. (2022). Workshop Jurnalisme Peduli Pariwisata Dalam Menunjang Program Desa Wisata. BAKTIMAS:
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 9-17.
Kusmiati, Y. (2020). Promosi Pariwisata Sebagai Salah Satu Komunikasi Pemerintah Kota Pagaralam Sumatera Selatan.
Muliawanti, L. (2018). Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online. LENTERA.
Muttaqien, M., & Wardana, L. K. (2020). Pelatihan Jurnalisme Warga Sebagai Sarana Pengembangan Bakat Remaja Dalam Dunia Digital Serta Promosi Pariwisata Desa
Samiran Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada
Masyarakat, 3(2).
Noor, F., Maryam, S., & Pro, F. (2018). Sinematografi Sebagai Upaya Peningkatan Promosi Pariwisata Di Kampung Nde, Jawa Barat. Ikra-Ith Abdimas, 1(2), 32-38.
Rahmiani, N., & Marwandi, M. (2022). Teaching English through a bilingual learning ecosystem in the secondary vocational school of industrial technology. Journal of Applied Studies in Language, 6(2), 167-178.
Sanusi, H. (2018). Jurnalisme data: Transformasi dan tantangan era digital. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 20-43.
Sjafirah, N. A., Fadilah, E., & Basith, A. A. (2018). Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 990-991.
Surentu, Y. Z., Warouw, D. M., & Rembang, M. (2020). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten
Minahasa. Acta Diurna Komunikasi, 2(4).
Waluyo, D. (2018). Makna jurnalisme dalam era digital: Suatu peluang dan transformasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(1), 33-42.
Waluyo, D. (2019). Memahami Jurnalisme pada Era Digital. Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 5(1).
Article Metrics
Abstract Views : 15 timesPDF Downloaded : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Carbiriena Solusia, Devy Kurnia Alamsyah, Atmazaki Atmazaki, Nur Rosita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.