Pendampingan English for Santri melalui Pemantapan Storytelling Activities Berbasis Nilai-Nilai Pancasila dan Keislaman di Pesantren SMPIT Maarif Padang Panjang

Syafitri Ramadhani(1), Nur Rosita(2), Nofrina Eka Putri(3), Eni Kurniawati(4),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v5i1.125484
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v5i1.125484.g108414

Full Text:    Language : in

Abstract


Pendidikan abad 21 menjadikan kemampuan Bahasa Inggris mutlak dimiliki setiap orang termasuk santri. Hal ini digaungkan sebagai fenomena sosial yang mengubah tatana pendidikan pesantren menjadi semakin global sebagai tempat peleburan nilai-nilai islam dan pancasila. Pesantren mulai berbenah untuk mencapai target dan tuntutan perkembangan era iR 4.0. Santri diharuskan mempersiapkan diri secara maksimal dengan menonjolkan keunikan dan nilai tambah (added value) yang tidak hanya berfokus kepada pembelajaran agama dan sosial, namun juga skill yang berguna dalam persaingan global salah satunya kemampuan berbahasa Inggris. Maka dari itu, pemantapan kemampuan bahasa Inggris yang bertajuk English for santri dengan kegiatan Storytellingsebagai sarana latihan dakwah global berbasis nilai Pancasila dan keislaman perlu dilakukan. 


Keywords


English for Santri, Story Telling Activites, Nilai Pancasila dan Keislaman

References


Afdiquni, A. R. (2018). Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Dunia Pesantren di Era Milenial Dan Generasi Z. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Amiruddin, M. & Jannah, U.R. (2019). Peran Lingkungan Bahasa dalam Pemerolehan Bahasa Lisan Santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, 6 (1), 65-75

Ariwibowo, S. et.al. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya dengan Pendekatan Fungsional. Jurnal pengabdian LPPM Untag Surabaya, 5 (2), 91-96

Bahtiar, Y. et.al. (2022). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Santri di Pondok Pesantren. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2), 100-104

Centeno, et.al. (2021). Storytelling as a Pedagogical Strategy to teach English Language Vocabulary to Children. Revista Multi Ensayos, -

Erdiyanawati. (2020). Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Santriwati di Pesantren Ainul Huda Situbondo. Skripsi. IAIN Jember.

Gazali, Erfan. (2018). Pesantren Diantara Generasi Alfa dan Tantangan dunia Pendidkan Era Revolusi Industri 4.0. Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam. Vol. 2, No. 2

Husnaini & yahya, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Fun With English Pondok Pesantren Nurul Ummah-Morowali. Community Development Journal, 4 (1), 533-537

Ilham, et.al. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar pada Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Di Kekalik, Sekarbela, Mataram. Journal of Character Education Society, 4 (4), 1051-1060

Kamaliasari, S. & Amrizal. (2021). Aktifitas Pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan dalam Meningkatkan Speaking Performance Santri. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, 17(1), 14-30

Khodabandeh, F. (2018). The Impact of Storytelling Techniques through Virtual Instruction on English Students’ Speaking Ability. Teaching English with Technology, 18 (1), 24-36

Le, H.P.T. (2020). Storytelling and teaching English to young Learners: A Vietnamese Case Study. Disertasi. Victoria University of Wellington

Mahbubi, M.F.A & Ali, S. (2021). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Santri Pondok Pesantren Darussalam Sumbersari Kencong Kepung Kediri Jatim. JPMD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Desa, 2 (1), 276-297

Manurung, P. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10 (1), 107-117

Nur’Aini, I. et.al. (2022). Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris bagi Santri di Pakisaji Kab. Malang. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (4), 445-453

Podungge, M. & Habibie, A. (2022). Peran Bagian Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Santriwati Pesantren Hubulo. Jurnal Eduscience, 9 (3), 602-614)

Rosyada, A. & Ramaadhianti, A. (2021). Implementasi Pembelajaran English-Speaking pada Pondok Pesantren Tradisional Al Mustaqim: Tantangan untuk Dakwah Global. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12 (3), 428-437

Susylowati, E. et.al. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Santri di Pesantren Al-Mashduqie di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat, 3 (2), 29-33

Syafi’I, F.M. (2019). Penerapan Peraturan Berbahasa Arab dan Inggris Terhadap Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia

Swari, U.R. (2022). Using Storytelling to improve Students’ Ability in Speaking. Jurnal CULTURE, 9 (1)

Warohmah, E. et.al. (2020). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar pada Santri Pondok Pesantren Nurul Huda(PPNH) Sukaraja. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 9 (2), 81-89

Zalisman. (2020). Integrasi Pendidikan Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Islami Terhadap Santri Pondok Pesantren. An-Nida’, 44 (2), 152-163

Zulaikah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-Hari dengan Metode VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) bagi Para Santri Pondok Pesantren Nurul Huda 2 Tanah Merah. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1 (1), 6-10.


Article Metrics

 Abstract Views : 48 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.