Pelatihan pembuatan buku bacaan bahasa Jepang Tadoku, MGMP Bahasa Jepang, Kabupaten Agam
(1) Japanese Language Education, FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Japanese Language Education, FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Japanese Language Education, FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i2.120231
Full Text: Language : ina
Abstract
Permasalahan yang sering dialami oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di tingkat SMA yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian ini adalah kurangnya pengetahuan guru bahasa Jepang terhadap pendekatan membaca ekstensif (tadoku), serta minimnya ketersediaan buku bacaan berbahasa Jepang yang dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran bahasa Jepang, khususnya pada kegiatan membaca. Keterbatasan ini disebabkan oleh sulitnya untuk mendapatkan buku bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, serta harga yang tidak terjangkau apalagi jika langsung memesan buku asli dari Jepang. Kegiatan pelatihan pembuatan buku tadoku ini menawarkan solusi terhadap permasalahan guru dengan cara memanfaatkan keterampilan guru yang sudah ada untuk menciptakan buku bacaan berbahasa Jepang yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan siswa di sekolah.
Keywords
References
Alyousef , H.S. (2006). Teaching Reading Comprehension to ESL/EFL Learners: Journal of Language and Learning 5 (2), 63-73
Awano, M & Kawamoto, K. (2012). Nihongo Kyoshi no tame no Tadoku Jugyou Nyumon. Akusu Shuppan.
Haq, M. (2021). Persepsi siswa terhadap implementasi Tadoku pada mata kuliah Shokyu Dokkai. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 15(1), 1-10.
Mikami, K & Harada, T. (2011). Tadoku ni yoru fuzui-teki goi gakushu no kanousei wo saguru ;Nihongohan gureideido ri-da- wo mochiita tadoku no jissen to goi tesuto no kekka kara. Kokusai kouryu kikin nihongo kyouiku kiyo. Pp 7-23. Kokusai kouryu kikin.
Ninomiya, R. (2013). Tadoku jugyo ga shokyu gakushusha no naihatsuteki doukiduke ni oyobosueikyou. Hitotsubashi Daigaku Kokusai Kyouiku Senta- Kiyo. 4, pp.15-29. Hitotsubashi Daigaku Kokusai Kyouiku Senta-.
Pigada, M, dan Norbert Schmitt (2006). Vocabulary acquisition from extensive reading: A case study. Reading in a foreign language. Vol 18. No.1 April 2006. ISSN 1539-0578
The Japan Foundation. (2017). Kaigai no Nihongo kyouiku no joukyou 2016 nendo- Nihongo kyouiku kikan chousa yori. Japan. Kuroshio Shuppan.
Article Metrics
Abstract Views : 97 timesPDF Downloaded : 33 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.