Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kabupaten Agam dalam Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Digital melalui Pelatihan

Zulfadhli Zulfadhli(1), Ermanto Ermanto(2), Dini Faisal(3),
(1) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i1.119488
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v4i1.119488.g106854

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan mitra yakni guru-guru MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Agam, Sumatera Barat adalah (1) permasalahan pertama, guru-guru atau anggota MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Agam perlu keterampilan menyusun materi pembelajaran digital dan mencari sumber-sumber materi pendukung pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan tuntutan kurikulum dan tuntutan kemajuan teknologi digital (masalah substansi) dan (2) permasalahan kedua, guru-guru MGMP (Musyawarah Guru Mata pelajaran) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Agam, Sumatera Barat belum memiliki keterampilan yang memadai untuk membuat video belajar yang baik sesuai kebutuhan pembejalaran (masalah teknik video digital). Padahal pada masa pandemi dan pascapandemi Covid-19 dan perkembangan teknologi digital masa kini dan perspektif masa depan, pembelajaran daring dan pemanfaaatan video belajar secara digital perlu digunakan. Bertolak dari permasalahan tersebut, solusi yang diperlukan adalah kegiatan pelatihan dan pendampingan (1) menyusun materi pembelajaran digital dan mencari sumber-sumber materi pendukung pembelajaran dan (2) membuat video belajar digital melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini.

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para peserta memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam pembuatan video pembelajaran. Peserta memperoleh pengetahun dan juga telah mampu menghasilkan video pembelajaran berbasis digital. Dengan demikian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam program PKM ini dapat tercapai dengan baik.


Keywords


Pengembangan video belajar, berbasis digital,

Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.