Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Padang

Fitrawati Fitrawati(1), Refnaldi Refnaldi(2), Yetti Zainil(3),
(1) English Department FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) English Department FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) English Department FBS Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v3i2.116494

Full Text:    Language : en

Abstract


Permasalahan pokok yang terjadi di beberapa SMA di kota Padang yang menginspirasi dari kegiatan ini adalah kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris pada aspek pengembangan evaluasi hasil pelajar yang masih bersifat konvensional. Dengan kata lain ketika guru membuat soal ulangan, guru hanya mengambil soal dari sumber lain dan bentuk soal yang dihasilkan umumnya hanya dalam bentuk pilihan ganda, mengisi rumpang, ataupun memilih mana yang “benar” atau “salah” saja. Adapun penyebab permasalahan tersebut dapat dirumuskan dalam tiga hal, yaitu: 1) kurangnya keterampilan pedagogik guru tentang evaluasi hasil belajar, 2) kurangnya pemahaman guru tentang konsep penilaian berbasis HOTS dan 3) kemampuan guru yang belum memadai dalam membuat soal ulangan Bahasa Inggris berbasis peniliaian berbasis HOTS, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar bisa mengukur kemampuan siswa tersebut. Karena penilaian berbasis HOTS dapat dilakukan dengan berbagai cara, guru dapat menilai siswa dari berbagai aspek. Kurikulum pelajaran Bahasa Inggris 2013 juga mengajurkan guru untuk menggunakan penilaian berbasis HOTS. Oleh karena itu perlu diadakan pelatihan pembuatan soal Bahasa Inggris berbasis HOTS bagi guru-guru Bahasa Inggris yang menawarkan solusi terhadap permasalahan guru di atas.


Keywords


Language Assessment (Penilaian Bahasa); High Order Thinking Skills (HOTS); Penialaian berbasis HOTS; Pembelajaran Bahasa Inggris

References


Anasy, Z. (2016). HOTS (Higher Order Thinking Skill) in Reading Exercise. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3(1), 2016, 51-63, 51-63.

Anderson dan Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). Abridge Edition. New York: David McKay Company.

Brown, H. D. (2010). Language Assessment: Principles and classroom practice (2nd Ed.). New York: Pearson Education, Inc.

Daya Imajinasi Siswa Lemah Halaman all - Kompas.com. (n.d.). Retrieved November 10, 2021, from https://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah?page=all

Dyah Sunggingwati, H. T. (2013). Teachers’ Questioning in Reading Lessons: A Case Study in Indonesia. Electronic Journal of Foreign Language Teaching 2013, Vol. 10, No. 1, pp. 80–95 Centre for Language Studies National University of Singapore, 80-95.

Febrina. (2019). Analysis of Reading Comprehension Questions by Using Revised Bloom’s Taxonomy on Higher Order Thinking Skill (HOTS). English Education Journal (EEJ), 10(1), 1-15, January 2019, 1-15.

Ilmi Zajuli Ichsan, D. V. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research Volume 8, Issue 4, 935 - 942. ISSN: 2165-8714 http://www.eu-jer.com/, 935-942.

Iswadi, H. (2016). Sekelumit dari hasil PISA 2015 yang baru dirilis. Sekelumit dari hasil PISA 2015 yang baru dirilis H Iswadi - Universitas Surabaya, 2016.

Kurnia Atiullah, S. W. (2019). Using Revised Bloom’s Taxonomy to Evaluate Higher Order Thinking Skills (Hots) in Reading Comprehension Questions of English Textbook for Year X of High School. EEJ 9 (4) (2019) 428 - 436 English Education Journal http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej, 428-436.

Lestari, S. R. (2018). Higher-Order Thinking Skills (Hots) Analysis of Students in Solving Hots Question in Higher Education. Perspektif Ilmu Pendidikan - Vol. 32 No. 2 Oktober 2018, 181-188.

Maulina, D., Slamet, S., & Indriayu, M. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Instrument in Social Studies Learning for Elementary School Students in Grobogan Regency. SEWORD FRESH. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2286828

Pertiwi, N. L. S. A., Arini, N. W., & Widiana, I. (2016). Analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas Iv Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi. EJournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 10.

Pornpimon Tangsakul, W. K. (2017). Using Bloom’s Revised Taxonomy to Analyze Reading Comprehension Questions in Team up in English 1-3 and Grade 9 English O-Net Tests. [Tangsakul et. al., Vol.5 (Iss.7): July, 2017] International Journal of Research-Granthaalayah, 31-41.

Smadi, I. R. (2015). Using Bloom’s Taxonomy to Evaluate the Cognitive Levels of Master Class Textbook’s Questions. English Language Teaching; Vol. 8, No. 5; 2015 ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750 Published by Canadian Center of Science and Education, 100-110.


Article Metrics

 Abstract Views : 1269 times
 PDF Downloaded : 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.