PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA DI SMA KABUPATEN OGAN ILIR

Sri Indrawati(1), Ernalida Ernalida(2), Novritika Novritika(3), Khalidatun Nuzula(4),
(1) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(2) Universitas Sriwijaya  Indonesia
(3)   Indonesia
(4)   Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v2i2.115606
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v2i2.115606.g106081

Full Text:    Language : 

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru SMA bidang studi bahasa Indonesia di Kabupaten Ogan Ilir menulis karya ilmiah. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan model pelatihan, ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan, dan tugas. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan pada 11, 13, 18, 20, dan 25 September 2021 melalui daring dan luring. Khalayak sasaran adalah guru-guru bidang bahasa Indonesia SMA di kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah awalnya 20 orang tetapi yang mengikuti hanya 19 orang. Rancangan evaluasi menggunakan tes dan lembar pengamatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap penulisan karya ilmiah masih belum memadai. Hal ini disebabkan masih ada beberapa guru yang belum mampu menuliskan judul, abstrak, latarbelakang, masalah dan tujuan penelitian. Penyebabnya adalah kekeliruan dalam penggunaan diksi atau istilah yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik dan benar. Karya ilmiah yang dibuat oleh para guru belum maksimal sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah yang benar. Namun, pelatihan ini tetap memberikan dampak di masa yang akan datang sehingga penulisan karya ilmiah diharapkan dapat berguna bagi generasi berikutnya.


Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Karya Ilmiah

References


Indrawati, Subadiyono, & Kasmansyah. 2019a. Menulis Akademik: Brdasarkan Genre Process Based Approach. Palembang: Noer Fikri.

Indrawati, S., Subadiyono, & Turama, A.R. 2019b. Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Sebuah Pengenalan. Palembang:Rafah Press.

Indrawati, S. Subadiyono, & Turama, A.R. 2020. The Development of Scientific Paper Teaching Materials Using Process-Genre Approach. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, http://ojs.unm.ac.id/retorika.

Kisworo, M.W. Sofana, I. 2017. Menulis Karya Ilmiah: Penelitian, Penulisan, Presentasi, dan Publikasi Ilmiah. Bandung: Informatika.

Munif, A. 2017. Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Diakses, 12 Maret 2018 dari https://www. researchgate.net/publication

Prabawati,M.N. & Muslim, S.Y.2020. Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 206-213.

Rahardi, K. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Rosmiati, A. 2017. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: ISI Press.

Suherli. 2015. Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta.

Undang-undang Republik Indonesia,Pasal 1, ayat 12 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 49 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Yustinah. 2018. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Yasir, M. 2020. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Biologi SMA se- kabupaten Sidoarjo. . Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 1(6), 1-6.


Article Metrics

 Abstract Views : 166 times
 PDF Downloaded : 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.