Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru SMA bidang studi bahasa Indonesia di Kabupaten Ogan Ilir menulis karya ilmiah. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan model pelatihan, ceramah, tanya jawab, diskusi, latihan, dan tugas. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan pada 11, 13, 18, 20, dan 25 September 2021 melalui daring dan luring. Khalayak sasaran adalah guru-guru bidang bahasa Indonesia SMA di kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah awalnya 20 orang tetapi yang mengikuti hanya 19 orang. Rancangan evaluasi menggunakan tes dan lembar pengamatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap penulisan karya ilmiah masih belum memadai. Hal ini disebabkan masih ada beberapa guru yang belum mampu menuliskan judul, abstrak, latarbelakang, masalah dan tujuan penelitian. Penyebabnya adalah kekeliruan dalam penggunaan diksi atau istilah yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik dan benar. Karya ilmiah yang dibuat oleh para guru belum maksimal sesuai dengan sistematika penulisan karya ilmiah yang benar. Namun, pelatihan ini tetap memberikan dampak di masa yang akan datang sehingga penulisan karya ilmiah diharapkan dapat berguna bagi generasi berikutnya.


Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Karya Ilmiah