PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI MELALUI APLIKASI SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM DI KABUPATEN PASAMAN

Desriyeni Desriyeni(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2020 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

DOI : https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v2i1.110705
DOI (PDF): https://doi.org/10.24036/abdihumaniora.v2i1.110705.g105293

Full Text:    Language : en

Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan memecahkan permasalahan perpustakaan sekolah dalam penerapan teknologi informasi dengan cara memberikan pemahaman dan keterampilam pengelolaan perpustakaan sekolah menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) sesuai dengan standar yang ditetapkan kepada pustakawan atau guru yang ditempatkan diperpustakaan sekolah. Dalam kegiatan ini akan dipecahkan permasalahan secara tuntas mulai dari pemahaman konsep dan melakukan praktik pengelolaan perpustakaan sekolah dengan penerapan sistem automasi perpustakaan menggunakan aplikasi SLiMS. Untuk mencapai tujuan kegiatan dilakukan beberapa pendekatan antara lain (1) model Participatory Rural Appraisal (PRA), (2) model Participatory Tecnology, (3) model Community development, dan (4) edukatif yaitu pendekatan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Metode yang ditawarkan untuk memecahkan masalah adalah melaksanakan sosialisasi, pelatihan secara menyeluruh dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan pengunaan aplikasi slim perpustakaan sekolah sudah bisa mengimput bibliografi (inventaris buku, judul, pengarang, ISBN dan over buku), pembuatan barcode, keanggotaan dan pelaporan koleksi yang ada, data peminjam, pengunjung dan buku yang paling sering di pinjam. Koleksi yang dimiliki kedua sekolah tertata secara sistematis, sehingga mudah dan cepat diakses oleh warga sekolah. Perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan warga sekolah untuk berbagai kegiatan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan literasi peserta didik.


Keywords


SLiMS; Literasi informasi; Teknologi informasi; Pengelolaan Perpustakaan; Perpustakaan Sekolah

References


Andriani, R., & Indonesia, U. P. (n.d.). SLiMS PADA TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS. 299–307.

Azwar, Muhammad. 2013. "Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan Library Management System (SLiMS)." Khizanah al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(1).

Johan, R. C., Silvana, H., & Sulistyo, H. (2017). Aplikasi Mobile Perpustakaan Sekolah. Pedagogia, 14(3), 499. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v14i3.5913

Pendit, Putu Laxmana, dkk. 2007. Perpustakaan Digital : Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan: Energi Pembangunan Bangsa. Medan:USU Press.

Suherman. 2009. Perpustakaan sebagai Jantung Sekolah. Bandung: MQS Publishing.

Supriyanto, Wahyu dan Ahmad Muhsin. 2012. Teknologi Informasi Perpustakaan:Strategi Perancangan Perpustakaan Digital. Yogyakarta : Kanisius.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.


Article Metrics

 Abstract Views : 173 times
 PDF Downloaded : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.