Abstract


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertujuan memecahkan permasalahan perpustakaan sekolah dalam penerapan teknologi informasi dengan cara memberikan pemahaman dan keterampilam pengelolaan perpustakaan sekolah menggunakan aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) sesuai dengan standar yang ditetapkan kepada pustakawan atau guru yang ditempatkan diperpustakaan sekolah. Dalam kegiatan ini akan dipecahkan permasalahan secara tuntas mulai dari pemahaman konsep dan melakukan praktik pengelolaan perpustakaan sekolah dengan penerapan sistem automasi perpustakaan menggunakan aplikasi SLiMS. Untuk mencapai tujuan kegiatan dilakukan beberapa pendekatan antara lain (1) model Participatory Rural Appraisal (PRA), (2) model Participatory Tecnology, (3) model Community development, dan (4) edukatif yaitu pendekatan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Metode yang ditawarkan untuk memecahkan masalah adalah melaksanakan sosialisasi, pelatihan secara menyeluruh dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan pengunaan aplikasi slim perpustakaan sekolah sudah bisa mengimput bibliografi (inventaris buku, judul, pengarang, ISBN dan over buku), pembuatan barcode, keanggotaan dan pelaporan koleksi yang ada, data peminjam, pengunjung dan buku yang paling sering di pinjam. Koleksi yang dimiliki kedua sekolah tertata secara sistematis, sehingga mudah dan cepat diakses oleh warga sekolah. Perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan warga sekolah untuk berbagai kegiatan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan literasi peserta didik.


Keywords


SLiMS; Literasi informasi; Teknologi informasi; Pengelolaan Perpustakaan; Perpustakaan Sekolah