PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTU MODUL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN KELAS X SEMESTER I SMK NEGERI 1 PARIAMAN

DENO PUYADA -
Ridwan Ridwan -
Ganefri Ganefri -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu modul terhadap pemahaman konsep Menggunakan Hasil Pengukuran Kelas X Semester I SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest group kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari kelas TITL 1, TITL 2 dan TITL 3. Dari ketiga kelas ini dipilih secara acak, kelas X TITL 1 terdiri dari 31 orang siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TITL 2 terdiri dari 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantu modul memiliki nilai rata-rata (78,03) yang lebih tinggi jika dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (68,18). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh t hitung besar dari pada t tabel. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe STAD berbantu modul terhadap pemahaman konsep Menggunakan Hasil Pengukuran.

 

Kata Kunci : pengaruh, kooperatif tipe STAD, pemahaman konsep