VALIDITY OF 3D PAGEFLIP-BASED POCKET BOOK ABOUT PTERIDOPHYTA IN THE MANGROVE AREA, KURAU DISTRICT, SOUTH KALIMANTAN, INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Anjelita R. Syamswisna., & Aria E. (2018). “Pembuatam BukuiSakuidengan Mediai Penbelajaran Padaipenjela-san JamuriKelasiXiSMA”. Pontianak.
Aprilia. S.R. M. D. Fitri. R., Zulyusri. (2019). ValiditasiLembariKerjaiPesertaiDidik (LKPD) Berorientasi-iHighiOrderiThinkingiSkillsi (HOTS) ipadaiMateri StrukturidaniFungsiiJaringaniTumbuhaniuntuk Kelas VIII SMP. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi. 4(1): 66-73
Audia. F. F. A. I. Hartanto. I. Selaras. H. G., & Armen. (2019) Validitas Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi. 4(1): 106-114
Belawati, T. (2003). Dikembangkan BahaniAjar. Jakarta: UniversitasiTerbuka.
Dharmono & Mahrudin. (2017). Handout Struktur Populasii Tumbuhan Wilayah TepiiSungaiiMaluka, Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. ProsidingiSeminariNasional, Pascasarjana Pendidi-kaniSainsiUniversitasiNegeriiSurabaya. 3(2): 563-567.
Dharmono, Mahrudin & Riefani, M. K. (2019). Kemudahan HandoutiStrukturiJumlah Tunbuhan Rawa dengan Memingkatkan Terampil Berpikir Kritis Mahasiswa Pemdidikan Biologi. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidnkan. 1(2): 105-110.
Depdiknas. (2008). PedomaniPenulisaniBukuiNonteks (Buku Pengayaan, Referensi, daniPanduaniPendidik). (Su-herli, Ed.). Depdiknas: Jakarta.
Fitriani, A., Dharmono & Mahrudin. (2019) Mengembangkan KajianiStruktur populasiiTumbuhan Kilalayui (Erioglossumsum rubiiginosum) diiWilayah HutanipantaiiTabanioiKabupatenitanah laut Sabagai materi handout penumjang MataikuliahiEkologiiTumbuhan. ProsidingiSeminariNasional lingkunganiLahaniBasah. 4(3):523-528.
Fitriyani, (2018). “PembelajaraniMenggumakan Mediai3D Berbasis Pngeflip Professionnl daniMediaiCamta-siaiStudioi8 dengan Penjelasan Lnrutan ElektrolitidaniNoniElektrolitidi KelasiXiSMA Islam Al-Arief Muaro Jambi”. Skripsi, UniversiitasiJambi.
Ghufrona, R. R., Kusmana & Rusdiana. (2015). Konposisi Sejenis dan Struktur hutan Mamgrove di kepulauan Sebuku, Kalimantan Selatan.
Hani, K., Desnita & Siswoyo. (2016). Pengenbangan Media Pembelajaran Berbnsis 3D PageFlip Fisika agar Pen-jelasan Getnran dan Gelonbang Bunyi. Jurnal Pemelitian & Pengenbangan Pendinikan Fisika. 2(1): 97-99.
Hardiansyah, Noorhidayati & Mahrudin. (2018). Pengembangan bahaniajari handoutidengan keanekaragaaman vegetasiidiikawnsan rawaitanpaipohon DesaiBati-bati kabupateniTanahiLautidengan penjelasan materiima-taikiliah EkologiiLahaniBanah. Jurnal Wahana-Bio Volume XIX Juni 2018. Unlam Press.
Ilma, S., & Wijarini, F. (2017). Devoloping of Envirommental EducationiTexnbook Bassed oniLocaliPotemcies. JurnaliPendidiikan BiologiiIndonesiai (IndonesianiJournaliofiBiologyiEducation). 3(3):194-201.
Lepiyanto, A. & Pratiwi, D. (2015). Pengenbangan BahaniAjariBenbasis Komtekstual PadaiMatnkuliah Bi-ologiiUmum. Bioeedukasi, Jurnal Pemdidikan Biologii UniversitasiMuhanmadiyah Metro, 6(1),22-29.
Muhammad, N. S. Taiyeb. A., & M, Azis. A. A.(2015) “Mengembangkan BukuiSakui PadaiMatnri Sistem-iRespirasiiUntukiSMAiKelasiXI”. Makasar.
Mansur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Penahaman, Pemulisan, dan Penakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.
Mulyadi. (2015). TingkatiKeterbacaaniReadingiMaterialsiDalamiMataiKuliahi Dipelajari TeksiBahasaiIng-grisiStAINiPamekasan. NUAMSA: Jurnal Penelitiian Inmu SosialidaniKeaganaan Islam.12(1):135-150.
Nurinayah. M. H. Soendjoto. M. A., & Dharmono. (2016). JenisiTumbuhaniPakuidi Kawasam RawaiSungaii-Lumbah, KabupateniBaritoiKuala. Prosnding Seminar Nasionalilahanibasah. 1(1):141-145.
Pusat Bahasa. (2016). KamusiBesariBahasaiIndomesia PusatiBahasa. Jakarta: Granedia.
Rahman, E. K. Sari, T.T., & Meita, M.N., (2019) Pengenbangan Buku Saku Tematik SD Benbasis Keariifan bu-daya local. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2): 2580-6890.
Suraida, Susanti, T., & Amriyanto, R. (2013). Keanekaraganan Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Taman Hutan Kenali Jambi. Prosidmng Senirata FMIPA Universitas Lanpung. Bandar Lampung: FMIPA Universitas Lam-pung. 1(3): 387-392.
Safrin & Taris (2013). Struktur vegetasiihutanimangrove. http://struktnrvegetasi.com/2013/03/ivegetasi-mangrovei.html.
Sakdiyah (2017). “Jenis dan Kerapatan Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Kawasan Pantai Mangrove Kecanatan bumi makmur Kabupnten Tanah Laut Sebagaai Bahan Ajar Konsep Keanekaragaman Tumbuhan di kawasan pantai mangrove” Skripsi Universitas Banjarmasin.
Sankarto, B. S. & Endang, S. S. (2008). PedomaniPengemasaniInfornasi. Materii Pendanpingan PusatiInfornasi Pertanian daniUnitiPelayaman Informasii Pertamian iKabupaten. Jakarta: DepartemeniPertanian.
Sugiyono. (2012). MetodeiPenelitianiKuantitatif, Kualitatifidan R&D. Bandung: Afabeta.
Setyono, Sukarmini&iWahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa BULETIN DA-LAM Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya ditinjau dari minatiBacaisiswa. Jurnalipendidikan fisika.1(1):118.
Tessmer, M. (1998). PlanningiandiConduction FormativeiEvaluations, Improvingi theiQualityiofiEducationi-andiTraining. KoganiPage: London.
Widyaningsih, R. (2013). Pengembangan HandoutGeografi Berbasis Penanggulangan Bencana MelaluiiPembela-jaraniContextual Teachingiand Learningi (CTL) di KelasiXI IPSiSMAiNegeri 1 Trawas. SwaraiBhumiie-JournaliPendidikan GeografiiFISiUniversitasiNegeriiSurabaya, 3(2):1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i1.12363