HANDOUT OF PIDADA (Sonneratia) IN COASTAL MANGROVES AS ENRICHMENT OF BIODIVERSITY MATERIAL CONCEPTS
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Achada, M.M.D. (2013). Efektivitas penggunaan metode pembelajaran students centered learning (SCL) berbasis handout pada kompetensi dasar mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP 1 Ungaran. Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Akbar, S. (2013). Instrument perangkat pembelajaran. Rosadakarya: Bandung.
BSNP. (2014). Artikel tentang kinerja BSNP tahun 2014. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Depdiknas. (2008). Pengembangan bahan ajar. Depdiknas: Jakarta.
Hardiansyah, Noorhidayati & Mahrudin. (2018). Keragaman jenis vegetasi di kawasan rawa tanpa pohon desa Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut sebagai bahan pengayaan mata kuliah ekologi lahan basah. Jurnal wahana bio: biologi dan pembelajaran, 19(1), 170-175.
Hardiansyah, Noorhidayati & Mahrudin. (2018). Keanekaragaman vegetasi hutan Mangrove sebagai bahan pengayaan mata kuliah Ekologi lahan basah. FKIP ULM: Banjarmasin.
Hera, R., Khairil & Hasanuddin. (2014) Pengembangan Handout pembelajaran embriologi berbasis kontekstual pada perkuliahan perkembangan hewan untuk meningkatkan pemahman konsep mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 187-250.
Komite Nasional Pengelolaan Ekosistem Lahan Basah. (2004). Strategi nasional dan rencana aksi pengelolaan lahan basah Indonesia.Kementerian Lingkungan Hidup: Jakarta.
Noor, Y., R. Khazali., & M. Suryadi putra, I. N. N. (1999). Panduan pengenalan mangrove di Indonesia. Wetlands Internasional Indonesia Programme: Bogor.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press: Yogyakarta.
Rizky, Faisal. (2017). Struktur populasi tumbuhan rambai genus Sonneratia di pesisir pantai berlumpur desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut sebagai Handout penunjang mata kuliah ekologi tumbuhan. Skripsi. FKIP ULM: Banjarmasin.
Surachman. (2001). Pengembangan bahan ajar. FMIPA UNY: Yogyakarta.
Tessmer, M. (1998). Planning and conducting formative evaluations. Kogan Page: Philadelphia.
Zukmadini., Alif Yanua., Jumiarni dewi dan Kasrina. 2018. Developing antimicrobial medicinal plants pocketbook based on local wisdom of muko-muko and serawai ethnics. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 4(2): 99-104.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v7i3.11019