DEVELOPMENT OF HIGH SCHOOL STUDENTS BASED ON CRITICAL THINKING ABILITY IN ECOSYSTEM CONCEPT
Abstract
Keywords
Full Text:
FullpaperReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akker, V. D. J. (1999). Principles and Methods of Development Research 3. In Van Den Akker, J. Nieven, N., Branch, R.M., G ustafson, K.L. and Plomp, T (Eds). Design Methodology Developmental Research in Education and Training. The Netherlands: Kluwer Academic Publisher, 1-14.
Arsyad, M., Zaini, M., & Aziati, K. (2019). Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Protista Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Penelitian Berbasis Desain). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika" MotoGPE".
Asra & Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Bakker, Arthur. (2004). Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools. Utrech: CD Beta Press.
Beladina, N., Suyitno, A., & Khusni, K. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3).
Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.
Darmodjo, Hendro & Kalagis, Jenny R.E. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
Daryanto, D. & Dwicahyono (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Faridah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hidayati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Topik Energi Dalam Sistem Kehidupan Di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 389-399.
Hala, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Est, 1(3): 85-96.
Hilda, L, (2015), Pendekatan Saintifik Pada Proses Pembelajaran (Telaah Kurikulum 2013), Jurnal Darul Ilmi, 3(1): 69-84.
Kemdikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Bidang Pendidikan. Diakses melalui http://kemdikbud.go.id/ pada tanggal 17 Januari 2019.
Kemdikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta.
Kumala, C. I., & Admoko, S. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 1 Kedungwaru. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF),6(03): 106-112.
Lestari, I. L., Budhi U & Dwi A. B., (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa melalui Perpaduan Metode Inquiry dan Resiprocal Teaching pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA 5 Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015, Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajarannya. 5(8): 276-280.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Suseno, M. N. M. (2014). Pengembangan Pengujian Validitas Isi dan Validitas Konstrak: Interpretasi Hasil Pengujian Validitas. Seminar Nasional Psikometri, hal 71-83.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 134-141).
Zaini, M. (2018). The Effectiveness of Learning Implementation Plan Tool Through Design-Based Research. The Open Psychology Journal, 11(1).
Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori Ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i3.10991