Hubungan Learning Plateau dan Prestasi Belajar Dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VI yang Mengikuti Sekolah Malam

Anna Fara Dina Islami Guci(1), Mudjiran Mudjiran(2), Rida Yanna Primanita(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negerp Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal RAP

DOI : https://doi.org/10.24036/rapun.v8i2.9223

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa yang mengikuti sekolah malam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini 40 siswa kelas VI terdaftar pada tahun ajar 2016/2017. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data menggunakan Partial Correlation yang dibantu dengan menggunakan program statistik. Berdasarkan penelitian menggunakan teknik korelasi Partial diperoleh hasil (r) -0,323 dan p = 0,082 (p>0,05), sehingga terdapat hubungan negatif signifikan learning plateau dan prestasi belajar dengan motivasi belajar sebagai variabel kontrol pada siswa kelas VI yang mengkuti sekolah malam.

Keywords


Learning plateau, prestasi belajar, motivasi belajar

Article Metrics

 Abstract Views : 574 times
 PDF Downloaded : 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal RAP