The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan program keterampilan produktif pengolahan jahe di SKB Kota Padang Panjang. Penulis menduga hal ini disebabkan oleh pengelolaan yang baik pada usaha produktif pengolahan jahe. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan gambaran pengelolaan usaha produktif pengolahan jahe yang ditinjau dari aspek perencaaan, pelaksanaan, dan pemasaran produk olahan jahe. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program pengolahan jahe yang berjumlah 15 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode sensus yaitu seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan untuk menganalisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa usaha produktif pengolahan jahe sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase jawaban responden dari aspek yang diteliti: baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam pemasaran produk olahan jahe.