Abstract


ABSTRAK

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sains flora anak yang diduga kurangnya metode bervariasi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan sains flora anak dengan  pembelajaran sains yang cenderung membosankan sehingga anak tidak bersemangat di dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sains flora anak dalam mengamati unsur atau komponen tumbuh-tumbuhan dapat melalui  pembelajaran sains berbasis alam. Teknik pengambilan data menggunakan lembaran observasi,data diolah menggunakan teknik analisis data adalah rumus persentase.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dilakukan di PAUD Nurul Yakin Kabupaten Padang Pariaman, dengan anak yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Siklus I peningkatan kemampuan sains dalam (1) mengamati Unsusr-unsur tumbuhan (2) mengidentifikasi Jenis tumbuh-tmbuhan (3) mengidentifikasi tempat tumbuh tumbuh-tumbuhan, sudah meningkat tetapi belum optimal, Setelah siklus II maka  sudah optimal.  Disarankan pada guru PAUD untuk dapat melakukan pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kemampuan sains anak usia dini.