The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh prilaku moral anak yang masih rendah di PAUD Habibul Ummi II Koto Panjang.  Hal ini terutama disebabkan karena metode dan media yang digunakan guru dalam mengajar tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prilaku moral anak dengan menggunakan metode bercerita dengan media gambar orang-orangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak umur 5-6 tahun sebanyak 10 orang yang belajar pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian terdiri atas dua siklus teknik yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan perhitungan persen. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa terjadi peningkatan prilaku moral anak dengan metode bercerita menggunakan media gambar orang-orangan dari siklus I dan II. Harapan dari penelitian ini adalah pendidik anak usia dini dapat menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar orang-orangan untuk meningkatkan prilaku moral anak agar berkembang dengan optimal.