The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak

 

Kreativitas anak perlu dikembangkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Kreativitas adalah melalui permainan kepingan geometri papan planel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Islam Jam’iyyatul Hujjaj Kota Bukittinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui bermain kepingan geometri papan planel. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama dua bulan dan jumlah pertemuan sebanyak empat kali setiap  siklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda dimana pada siklus satu peneliti memilih kegiatan permainan kepingan geometri papan planel secara individu, dan pada siklus dua dilakukan secara berkelompok masing masing kelompok berjumlah tiga orang. Berdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan.