POLA ASUH AUTORITATIF GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA HATI PAUH KOTA PADANG

Izzati Izzati(1),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/103853

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pola asuh yang diterpkan guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Permata Hati, Pauh, Padang. Pola asuh yang dikaji adalah pola asuh autoritatif, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi tertulis. Informan penelitian terdiri dari dua, yaitu informan kunci adalah guru kelas Nn dan informan pendukung yaitu guru-guru Taman Kanak-kanak Permata Hati Padang yang berjumlah lima orang Data dianalisis melalui reduksi data yakni merangkum data yang didalamnya terdapat proses dan pernataan-pernyataan yang dibutuhkan dalam tujuan penelitian yang telah ditetapkan, display data yakni paparan naratif yang menggambarkan pola asuh guru dalam proses pembelajaran serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh autoritatif digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hal ini terlihat dari sikap guru dalam proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada anak, hangat, mendorong anak untuk mandiri, memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang dan hubungan antara anak didik dan guru sangat akrab.


Keywords


pola asuh autorotative; taman kanak-kanak; guru

References


Bahri Djamarah, Syaiful & Zain Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Bogdan, R.C. & Biklen,S.K. 1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston : Allyn & Bacon Inc.

Creswell, Jhon W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Three Traditions. London : SAGE Publication.

Diehl, D.S., Lemerize, E.A., Caverly, S.L., Ramasay, S & Roberts, J. 1998. Peer Relation and School Adjustment in Ungraded Primary Children. Journal of Educational Psychology, vol. 90, No.3, 506-515.

Dryden, Gordon & Voss, Jeanette. 2003. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution): Belajar Akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan “Fun” Bagian II: Sekolah Masa Depan. Bandung : Kaifa.

Good, Thomas L & Brophy, JE. 1990. Educational Psychology Fourth Edition. London : Longman Group.

Haditono, Sri Rahayu. 2001. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Hasibuan, J.J & Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Kusumawati, Dian. 2002. Hubungan antara Pola Asuh Orangtua Autoritatif dengan Kemampuan Regulasi Diri Remaja dalam Bidang Akademik. Laporan Penelitian (Tidak diterbitkan). Bandung : Universitas Padjajaran Bandung.

Martina, Sri Siuni, & Aniva Kartika. 2003. Gaya Pengasuhan Orangtua dan Kematangan Sosial Anak Slow Learner. Laporan Penelitian (Tidak Dipublikasikan). Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Santrock, J.W. 2002. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. (Alih Bahasa Achmad Chusairi dan Juda Damanik). Jakarta : Erlangga.

Schaefer, Charles. 2003. Bagaimana Mendidik Anak Secara Efektif. Jakarta : Restu Agung.

Sukadji & Widiyati, S. 2000. Hubungan antara Presepsi Anak Terhadap Pola Asuh dengan Kreativitas Anak pada Masa Kanak-Kanak Akhir. Skripsi Sarjana (Tidak diterbitkan). Jakarta : Universitas Atmajaya.

Steinberg, Laurence. 1993. Adolescence. Thirt Edition, McGraw-Hill, Inc. New York.


Article Metrics

 Abstract Views : 653 times
 PDF Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.