Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pola asuh yang diterpkan guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Permata Hati, Pauh, Padang. Pola asuh yang dikaji adalah pola asuh autoritatif, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi tertulis. Informan penelitian terdiri dari dua, yaitu informan kunci adalah guru kelas Nn dan informan pendukung yaitu guru-guru Taman Kanak-kanak Permata Hati Padang yang berjumlah lima orang Data dianalisis melalui reduksi data yakni merangkum data yang didalamnya terdapat proses dan pernataan-pernyataan yang dibutuhkan dalam tujuan penelitian yang telah ditetapkan, display data yakni paparan naratif yang menggambarkan pola asuh guru dalam proses pembelajaran serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh autoritatif digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hal ini terlihat dari sikap guru dalam proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada anak, hangat, mendorong anak untuk mandiri, memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang dan hubungan antara anak didik dan guru sangat akrab.


Keywords


pola asuh autorotative; taman kanak-kanak; guru