Hubungan Kesehatan Mental dengan Motivasi Belajar Siswa

Achmad Badaruddin(1), Erlamsyah Erlamsyah(2), Azrul Said(3),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Konselor

DOI : https://doi.org/10.24036/02016516543-0-00

Full Text:    Language : en

Abstract


In motivation in study, mental health plays an important role. If someone has healthy mental health, the students will also be able to highly motivation in study. In fact there are students who still sickmental health as students are difficult to be expressive freely, self acceptance, self esteem and safety feeling that affect the motivation in study of students in terms of the studying preparation, learning proccess and follow up the study. This study aims to reveal how the image of mental health, student’s motivation in study and how the relationship between mental health and student’s motivation in study. This study used a descriptive quantitative approach correlational. Research conducted on the students of Madrasah Tsanawiyah Negeri Sintuk Toboh Gadang. The research findings revealed that 1) the emotional intelligence of students in middle category, 2) social interaction of students in middle category, 3) There is a significant and positive relationship between emotional intelligence and social interaction of students with the level of correlation is quite strong.


Keywords


Mental health, Studies Motivation

References


Aris Ahmad Jaya dan Siswono Haryono. (2012). Motimorphosis: Motivasi Menuju Perubahan. Jakarta: Luxima Metro Media.

Aulia Rahmi. (2012). "Konsep Diri, Motivasi Belajar Siswa Membolos dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi terhadap Siswa SMP Laboratorium UNP)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Bambang Prakuso. (2012). Psikotransmiter: Komunikasi Bawah Sadar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Bernard, Harold W. (1970). Mental Health in The Classroom. New York: McGraw-Hill Book Company.

Dede Rahmat Hidayat. (2011). Teori dan Aplikasi: Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Gardner, Howard. (2013). Multiple Intelligence. Jakarta: Daras Books.

Gibson, Robert L. & Marianne H. Mitchell. (2011). Bimbingan dan Konseling. Diterjamahkan oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding, Samuel T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Terjemahan oleh Winarno dan Lilian Yuwono. Jakarta: Indeks.

Hamzah B. Uno. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat. (2010). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hart, Michael H. (2012). 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia.Terjemahan oleh Ken Ndaru & M. Nurul Islam. Jakarta: Penerbit Noura Books.

Heri Gunawan,. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ika Nurani. (2009). “Upaya Meningkatkan Kesehatan Mental Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Kesatrian 1 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Irmayanti. (2013). “Efektifitas Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Memanfaatkan Prinsip-Prinsip High Touch dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru (Studi Eksperimen)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Kartini Kartono. (2009). Psikologi Abnormal dan Abnomarlitas Seksual. Bandung: Mandar Maju.

McLeod, Jhon. (2008). Pengantar Konseling: Teori dan Kasus. Diterjemahkan oleh A. K. Anwar. Jakarta: Kencana.

Nevyarni S. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru BK / Konselor dalam Pelayanan BK di Sekolah. Padang: Jurusan BK FIP UNP.

Peraturan Pemerintah. (2013). Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno. (1998). Konseling Pancawaskita.Padang: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Padang.

Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Prayitno & Afriva Khaidir. (2010). Penyelenggaraan Pendidikan Karakter-Cerdas: Wujud Penghayatan dan Pengamalan Nilai-Nilai Karakter-Cerdas Format Klasikal. Padang: Universitas Negeri Padang

Prayitno & Belferik Manullang. (2011). Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Grasindo.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.

Pusat Pengembangan Penataran Guru Keguruan Jakarta. (2005). Naskah Layanan Orientasi dan Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Layanan Pembelajaran: Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: DEPDIKNAS

Rina Yulitri. (2011). “Hubungan Motivasi Belajar dan Mutu Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar Matematika (Studi pada siswa MTsN Kuranji Padang)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siti Hartinah. (2009). Konsep Dasar Bimbingan dan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Sumadi Suryabrata. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunarto. (2012). Icebreaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Suranto. (2009). “Hubungan antara Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar dengan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2008/2009”. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

S. L. La Sulo, Sugeng Paranto, Soedirdjo dan Waspodo. (1985). Pengajaran Mikro. Jakarta: Dirjen Dikti.

Undang-undang. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Yahya Jaya. (2004). Bimbingan Konseling Agama Islam. Padang: Angkasa Raya


Article Metrics

 Abstract Views : 8583 times
 PDF Downloaded : 4234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Konselor