Meningkatkan Keterampilan Membuat Plastic Bottle Multipurpose Rack Melalui Model Pembelajaran Langsung Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan

Wilda Niati(1), Zulmiyetri Zulmiyetri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

DOI : https://doi.org/10.24036/juppekhu1148050.64

Abstract


Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ditemui peneliti di SLB Fan Redha Solok Selatan, dimana terdapat lima orang peserta didik tunagrahita ringan. Di SLB Fan Redha Solok Selatan terdapat pembelajaran keterampilan recycle atau mendaur ulang barang bekas. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan sejauh mana model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack bagi peserta didik anak tunagrahita ringan di kelas VII SLB Fan Redha Solok Selatan. Dengan metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design pretest and posttest. Kemudian hasil dari pretest dan posttest yang telah diperoleh dicari perbandingan untuk menguji hipotesis penelitian. Selanjutnya diuji menggunakan uji analisis data uji Wilcoxon Sign Rank Test. Sehingga diperoleh hasil Z hitung= -2.032b serta Asymp Sig (2-tailed) = 0.042. Dengan begitu dapat diketahui bahwa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membuat plastic bottle multipurpose rack.

Keywords


Plastic Bottle Multipurpose Rack, Model Pembelajaran Langsung, Peserta didik Tunagrahita Ringan.

References


Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Effendi, M. S. (2013). Desain Eksperimen dalam Penelitian Pendidikan. In Jurnal Perspektif Pendidikan (Vol. 6, Issue 1).

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktik. Duta Pustaka Ilmu.

Khalil, F. I., Abdullah, S. H., Sumarsono, J., Priyati, A., & Setiawati, D. A. (2021). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Media Hidroponik Di Desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1), 4048. https://doi.org/10.29303/amtpb.v3i1.65

Neli, M., & Indrawadi, J. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Panti Sosial Bina Grahita Harapan Ibu Padang. 3(2), 172177.

Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika. Bengkulu: UNIB Press.

Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178185.

Susanti, L., & Mahmudah, S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Tunagrahita di SLB AC. Jurnal Pendidikan Khusus, 53(9).

Suyanto, & Gio, P. U. (2017). Statistik Non Parametrik dengan SPSS, Minitab, dan R.

Trimawartinah. (2020). Bahan Ajar Statistik Non Parametrik. http://repository.uhamka.ac.id/3880/1/Bahan Ajar Statistik Non Parametrik FINAL.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.