Efektivitas Plastisin Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Cerebral Palsy di SLB Bina Bangsa

Delvi Dila Yarsiah(1), Kasiyati Kasiyati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


ABSTRACT

This study discusses the problems found in SLB Bina Bangsa, for an 8-year-old cerebral palsy child who experiences fine motor difficulties such as holding, squeezing. This study aims to reveal whether plasticine is effectively used to improve fine motor skills in children with cerebral palsy. The research method used in this study is Single Subject Research (SSR) with A-B-A design. Measure and blunt the data in the first baseline condition (A1) continuously for 5 observations. Providing intervention using plasticine (B) was carried out for 8 observations. Provides the second baseline condition (A2) for 4 observations. The data collection technique in this study is to provide an action test and documentation study. Based on the results of data analysis in conditions that showed a positive increase in fine motor skills. Overlap data in the analysis between conditions, at baseline (A1) and intervention (B) was 40% and overlapping data at baseline (A2) and intervention was 12.5%. Based on the results of the analysis the data shows that plasticine is effectively used to improve fine motor skills in children with cerebral palsy.

ABSTRAK

 Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ditemukan di SLB Bina bangsa, terhadap seorang anak cerebral palsy berusia 8 tahun yang mengalami kesulitan dalam motorik halus seperti memegang, meremas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah plastisin efektif digunakan untuk dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak cerebral palsy. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal/Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Mengukur  dan mengumpulkan data pada kondisi baseline pertama (A1) secara  kontinyu selama 5 kali pengamatan. Memberikan intervensi dengan menggunakan plastisin (B) dilakukan selama 8 kali pengamatan. Memberikan kondisi baseline yang kedua (A2) selama 4 kali pengamatan. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dengan memberikan tes dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi yang menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan motorik halus secara positif. Overlap data pada analisis antar kondisi, pada baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 40% dan overlap data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi adalah 12,5%. Berdasarkan hasil analisi data tersebut menunjukkan bahwa plastisin efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak cerebral palsy.


Keywords


Plastisin, Motorik Halus, Cerebral Palsy.

References


Cozby, P. C. (2009). Methods In Behavioral Research. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dynna Wahyu Perwita Sari. (2013). Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan.

Kartini, & Sujarwo. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rahmat, D., Mangunatmatja, I., AAP, bambang tridjaja, Tambunan, T., & Suradi, R. (2010). Prevalence and Risk Factors for Epilapsy In children With Spastic Cerebral Palsy. Paediatr Indones.

Sugiyono. (2015). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Yetni, A., Kasiyati, & Damri. (2015). The Effectiveness of Fernald Technique to Improve the Beginning Writing Ability of the Students with Autism in Class V of SLB Luki Padang. Thesis. Special Education Study Program of Faculty of Education of UNP.(SSR di SLB Lubuk Kilangan Padang). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus.


Article Metrics

 Abstract Views : 937 times
 PDF Downloaded : 296 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.