Efektivitas Metode Latihan Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik kelas VIII di SLB Autisma YPPA Padang
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
Full Text: Language : id
Abstract
Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tidak hanya berpusat pada akademik saja melainkan juga pada pendidikan vokasional. Salah satu keterampilan yang dapat diajarkan pada anak berkebutuhan khusus yaitu keterampilan bercocok tanam. Namun untuk keterampilan bercocok tanam belum pernah diajarkan secara langsung kepada anak dan sekolah tidak mempunyai lahan yang luas untuk bercocok tanam secara konvensional. Oleh sebab itu, peneliti melakukan percobaan yaitu “efektivitas metode latihan terbimbing dalam meningkatkan keterampilan bercocok tanam kangkung hidroponik”. Metode yang digunakan yaitu metode pre-eksperiment dengan one group pre-test, post-test design. Penelitian dilaksanakan di SLB Autisma YPPA Padang, kelas VIII dengan jumlah anak lima orang anak laki-laki.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keterampilan bercocok tanam kangkung hidroponik anak kelas VIII YPPA Padang mengalami peningkatan dapat disimpulkan bahwa metode latihan terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan bercocok tanam kangkung hidroponik kelas VIII di SLB Autisma YPPA Padang.
Keywords
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aprilia, R. (2013). Kreasi Unik Tali Sepatu Terhadap Kecakapan Vokasional Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Xi Smalb / C.
Bahri, Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
E Nicholls, R. (1987). Hidroponik Tanaman Tanpa Tanah. Semarang: Dahara Prize.
Haryadi, Iskandar, Nofriansyah, D. (2016). The Constructivist Approach : Radical And Social Constructivism In The Relationship By Using The Implementation Career Level On The Vocational Education, 1, 16–21.
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Kuningan: Goresan Pena.
Iswari, Biran, M., & Nurhastuti. (2018). Pendidikan Anak Autisme. Kuningan: Goresan Pena.
Karmila, Y., Fatmawati, & Iswari, M. (2016). Mengurangi Perilaku Berkata Negatif Melalui Prosedur Aversi Pada Anak Autis X, 5, 145–153.
Latifah, E. (2015). Studi Kasus Pemilihan Keterampilan Bagi Anak Autistik Di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Yogyakarta.
Lingga, Pinus. (1991). Hidroponik Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya.
Masruroh, Z. (2016). Manajemen Pendidikan Keterampilan (Vocational Skill) Di Man Kembangsawit, 417–438.
Muri, Yusuf, A. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: Unp Press.
Sameto, H. (2006). Hidroponik Sederhana Penyejuk Ruang. Jakarta: Penebar Swadaya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapti, S. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Keripik Kentang Melalui Metode Latihan Bagi Anak Tunagrahita Ringan, 1, 176–186.
Yustanty, T., Daningsih, E., & Marlina, R. (2017). Pengembangan Media Pratikum Menggunakan Hidroponik Rakit Apung Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan.
Article Metrics
Abstract Views : 599 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 398 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.