Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Benda Melalui Model Pembelajaran Scramble pada Anak Tunarungu

Yulianti Montesa(1), Ardisal Ardisal(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Permasalah ini dilatar belakangi ditemukan di SLB Amal Bhakti Sicincin pada anak tunarungu kelas VIII mengalami kesulitan menganal kata benda.Dalam mengajar guru menggunakan metode ceramah dan media langsung, dengan menunjuk benda nyata dan menanyakan nama benda yang ditunjuk, lalu meminta siswa menjawab dengan menuliskannya, terlihat siswa tidak bisa menuliskan nama benda yang ditunjuk, kemudian saat guru memberikan perintah kepada siswa untuk mengambilkan benda, siswa hanya duduk diam di kursi dan berkata tidak tau. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal kata benda hidup dan benda mati yang ada dilingkungan sekolah  melalui model pembelajaran Scramble  bagi anak tunarungu kelas VIII.. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) terdiri dari II siklus, delapan kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian serta data yang diperoleh dari penelitian mengingkatkan kemampuan mengenal kata benda hidup dan benda mati yang ada dilingkungan sekolah melalui model pembelajaran scramble terlihat meningkat.Adapun hasil yang didapatkan SE dalam mengenal kata benda dari sebelum diberi perlakuan sampai setelah diberi perlakuan yaitu 25%, 73%, dan 92%. Berdasarkan data diatas, kesimpulan dari kemampuan mengenal kata benda melalui model pembelajaran Scramble mengalami peningkatan yang signifikan.


Keywords


kata benda, model pembelajaran scramble, anak tunarungu

References


Eugede, P. Odum. (1996). Dasar-dasar Ekologi . Yogjakarta : Gadjah Mada University Press

Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gedung Persada (GP) Press.

Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Riski. (2007). Biologi Umum. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sukur, S. G. (2007). Panduan Praktis Menguasai Grammer. Yogyakarta: Indonesia Tera Anggota IKAPI.

Yunus, M., & Ardisal. (2014). Pendidikan Anak Dengan Hambatan Pendengaran. Padang: Suka Bina Press.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Article Metrics

 Abstract Views : 852 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.