Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Melalui Keterampilan Shibori Kelas VII di SLB Autisma YPPA Padang

Elisa Julianti(1), Fatmawati Fatmawati(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus


Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis melalui keterampilan shibori. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran keterampilan di SLB Autisma YPPA Padang adalah siswa yang mengalami hambatan pada kemampuan motorik halusnya seperti kesulitan dalam mengikat, menulis, melipat, menggunting dan lain-lain, juga pembelajaran yang diberikan guru tentang shibori kurang bervariasi dikarenakan masih minimnya pengetahuan guru tentang shibori. Hal ini dibuktikan dengan hasil guntingan anak yang tidak rapi, hasil lipatan tidak simetris,hasil ikatan tidak kuat dan kemampuan anak masih rendah dalam keterampilan membuat shibori. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa keterampilan shibori dapat meningkatkan kemampuan motorik halus untuk anak autis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan shibori dapat meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak autis di SLB Autisma YPPA Padang.


Keywords


motorik halus, keterampilan shibori, anak autis

References


Aswandi, Y. (2005). Mengenal dan membantu penyandang autisme. Jakarta: Depdiknas

Decaprio, R. (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Jakarta: Diva Press

Iswari, M., Kasiyati, Zulmiyetri, & Hasan, Y. (2018). Pelatihan Meningkatkan Pemahaman Guru dan Orang Tua tentang Makanan Sehat bagi Anak Autisme. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3

Jiehad, Asep, M. dan P. (2007). Pendidikan anak autis. Jakarta: Depdiknas

Karmila, Y., & Iswari, M. (2017). MENGURANGI PERILAKU BERKATA NEGATIF MELALUI PROSEDUR AVERSI PADA ANAK AUTIS X. E-JUPEKhu, 5(2).

Salsabila, A. (2017). Pemanfaatan Teknik Lipat-Ikat Celup untuk Menghasilkan Tekstur pada Kain Busana. Jurnal Proceding Of Art Design, 4(1), 60–77

Saminanto. (2010). Ayo praktik PTK. Semarang: Rasai Media Group

Wahyu, A. dan T. Su. (2012). Cara mudah membuat shibori. Jakarta: Gramedia

Wardah, E. Y. (2017). Jurnal Pendidikan Khusus Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–13

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.


Article Metrics

 Abstract Views : 1291 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.