Alat Pemberian Pakan Ikan Otomatis

Aditya Manggla Putra(1), Ali Basrah Pulungan(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i2.108580

Full Text:    Language : en

Abstract


Pada paper ini ditawarkan sebuat alat pemberi pakan ikan otomatis pada sebuah kolam uji. Dengan alat ini pemberian pakan ikan akan dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, alat ini juga akan memberikan pakan ikan sesuai bobot ikan yang terdapat dalam pada kolam uji sehingga mempermudah peternak ikan dalam pembudidayaan ikan. Alat ini memiliki sensor load cell yang berfungsi untuk menimbang berat pakan yang akan ditumpahkan kedalam kolam uji, dan 2 motor servo yang berfungsi sebagai akuator untuk membukan dan menutup celah pada wadah penimbangan atau ke dalam kolam uji. Pada penelitian ini alat bekerja dengan baik, sehingga pemberian pakan ikan dapat diberikan dengan waktu yang telah ditentukan, dan jumlah pakan ikan sudah diatur sesuai bobot ikan yang terdapat pada kolam.


Keywords


Load cell; servo motors

References


S. Monalisa and Minggawati, “kualitas air yang mempengaruhi pertumbuhan ikan nila ( oreochromis sp .) Di kolam beton dan terpal,” j. Trop. Fish., vol. 5, no. 2, pp. 526–530, 2010.

Muhammad hadi, yudi cahyoko, “pemberian tepung limbah udang yang difermentasi dalam ransum pakan buatan terhadap laju pertumbuhan, rasio konversi pakan dan kelangsungan hidup benih ikan nila (oreochromis niloticus)
[the given fermentation the prawn waste flour in artificial fee,” j. Ilm. Perikan. Dan kelaut., vol. 1, no. 2, p. 157, 2019, doi: 10.20473/jipk.v1i2.11682.

S. Weku, V. C. Poekoel, F. Robot, and m. Eng, “rancang bangun alat pemberi pakan ikan otomatis berbasis mikrokontroler,” e-journal tek. Elektro dan komput., vol. 4, no. 7, pp. 54–64, 2015.

L. Afrianto, “biaya produksi pakan ikan,” in pakan ikan, kanasius., yogyakarta, 2005.

Sri mulyani, . Y., and Fitrani, “pertumbuhan dan efesiensi pakan ikan nila (oreochromis niloticus) yang dipuasakan secara periodik,” j. Akuakultur rawa indones., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2015.

Muhammad, Muid, and Triyanto, “rancang bangun sistem pemberi pakan ikan dan pengukur ph air pada keramba berbasis website,” j. Coding, sist. Komput. Untan, vol. 04, no. 02, pp. 161–172, 2016.

S. Eddo, “no title,” peranc. Sist. Pemberian pakan ikan otomatis berbas. Mikrokontroler berdasarkan perilaku kemunculan ikan kepermukaan, 2018.

a. R. Saragih, “rancang bangun perangkat pemberi pakan ikan otomatis pada kolam pembenihan ikan berbasis arduino,” artik. E-journal, 2016.

M. Dan Warman, “no title,” perncangan sist. Pengontrolan pengukuran berat pada timbangan kendaraan secara otomatis, 2011.

D. Firdaus, A., kridalukmana, r., & widianto, “no title,” pembuatan alat pemberi pakan ikan dan pengontrol ph otomatis. J. Teknol. Dan sist. Komput., 2016.

M. Firdaus, “no title,” alat pemberi makan ikan otomatis berbas. Mikrokontroleller at89s51, 2006.

Oktafiadi, “sistem pemantau kekeruhan air dan pemberi.”


Article Metrics

 Abstract Views : 7847 times
 PDF Downloaded : 2726 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.