Sistem Pendeteksi Ketinggian Air Menggunakan Pompa Berpenggerak Motor BLDC Berbasis Mikrokontroller

Siti Rahmah(1), Hendri Hendri(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107973

Full Text:    Language : en

Abstract


Berbagai macam peralatan dengan sistem pengoperasian secara manual semakin ditinggalkan beralih pada peralatan yang serba otomatis, sehingga peralatan otomatis lebih mendominasi dalam kehidupan manusia. Alat bantu sistem pendeteksi ketinggian air menggunakan pompa berpenggerak motor BLDC dirancang dengan operasional sederhana sehingga pengoperasiannya yang mudah dan alat ini akan mengendalikan pompa BLDC secara otomatis. Pemilihan pompa BLDC ini dikarenakan pompa BLDC yang lebih efisien dari segi perawatan dan tiak berisik jika dihidupkan. Alat ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan pompa, jika air pada penampung kosong maka alat ini akan menghidupkan mesin pompa dan jika air pada wadah sudah penuh maka alat ini akan mematikan mesin pompa. Alat ini juga dapat mengisi penampung berdasarkan ketinggian air yang sesuai dengan keperluan dengan menggunakan sensor ultrasonik yang mendeteksi ketinggian air dan menggunakan relay sebagai saklar otomatis pada pompa. Hasil persentase ketinggian air yang terdeteksi akan ditampilkan pada LCD (Liquid Crystal Display).


Keywords


Pompa BLDC, Sensor Ultrasonik, Relay, Sensor Ultrasonik

References


I Gusti Agung Putu Raka Agung. “Rancang Bangun Prototipe Alat Ukur Ketinggian Air Terpadu Berbasis Mikrokontroller AT89S52.” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 2011.

Andani Achmad, & A Ejah Umreani. “Penentuan Level Air Tangki Dengan Sistem Kendali.” Jurnal Ilmiah Elektrikal Enjiniring. 2011.

Joko Susilo. “Aplikasi On/Off Pompa Air Otomatis Berbasis Sensor Ultrasonik.“ Sekolah Tingi Manajemen Informatika dan Komputer Atmaluhur Pangkal Pinang. 2015.

Imam Muklisin, Ahmad Sholehudin, Mukhlison. “Pendeteksi Volume Tandon Air Secara Otomatis Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Arduino Uno R3”. Jurnal Qua Teknika,7(2), 55-65. 2017.

Ni Wayan Rasmini. “Perencanaan Pemilihan Pompa dan Sistem Kontrol Kerja Pompa Untuk Penyediaan Air Bersih Pada Rumah Tangga.” Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 7(2), 32-37. 2017.

Abdul Kadir.“Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrograman Menggunakan Arduino”. Yogyakarta: Andi Publisher. 2013.

H. Masdi, , Mariun, N., Mahmud, S., Mohamed, A., & Yusuf, S. “Design of a prototype D-STATCOM for voltage sag mitigation.” In PECon 2004. Proceedings. National Power and Energy Conference, 2004. (pp. 61-66). IEEE. 2004.

Aswardi, Aswardi, Oriza Candra, and Zul Saputra. "Sistem Pemanas Logam dengan Induction Heater Berbasis Atmega32." JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 5.1.1 (2019): 151-157.

Herdiman T. Pohan. LED (Lighting Emitting Diode). Jakarta: Penerbit Dian Rakyat. 2004.


Article Metrics

 Abstract Views : 1961 times
 PDF Downloaded : 437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.