Sistem Pengendali Motor Induksi pada Belt Conveyor dengan Teknik Vektor Kontrol pada VFD menggunakan MATLAB/Simulink

Dwi Mutiara Harfina(1), Zaini Zaini(2),
(1) Universitas Andalas  Indonesia
(2) Universitas Andalas  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v6i1.107267

Full Text:    Language : 

Abstract


Permintaan beban yang bervariatif pada pendistribusian material melalui belt conveyor mengakibatkan kecepatan motor induksi berubah. Perubahan terjadi karena perbedaan torsi akibat perubahan beban. Hal tersebut mengakibatkan waktu pendistribusian material setiap perubahan beban akan berbeda. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan sistem kontrol kecepatan yang mampu mempertahankan nilai setpoint antara belt conveyor bermuatan maksimum ataupun minimun. Sistem kontrol yang digunakan pada tulisan ini adalah sistem vektor kontrol dengan Variable Frequency Drive (VFD). Pada sistem ini kordinat-abc pada motor induksi tiga fasa diproyeksikan pada koordinat-dq yang diibaratkan berputar bersama dengan rotor. Dengan metode ini kecepatan lebih mudah dikendalikan dengan memanfaatkan Field Oriented Control (FOC). Untuk mengetahui pengaruh ini terhadap kecepatan motor induksi dilakukan simulasi dengan MATLAB/Simulink. Berdasarkan simulasi ini motor yang telah diberikan sistem kontrol mampu mempertahan kecepatannya pada nilai setpoint meskipun beban berubah secara drastis. Hal ini menunjukan bahwa sistem mampu mengatasi perubahan kecepatan pada belt conveyor akibat adanya perubahan beban.


References


F. Pasila, B. Krisnawan, F. T. Industri, J. Teknik, E. Universitas, and K. Petra, “Desain Flux Vector Control Inverter 3 Fasa Pada Motor Induksi 1.5 HP Menggunakan Power Blockset,” Tek. Elektro Univ. Kristen Petra, vol. 3, no. September, pp. 57–63, 2003.

M. Arvianto, Ferry Rameli, “Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Metode Flux Vector Control Berbasis Self-Tuning PI,” Tek. ITS, vol. 6, no. 2, 2017.

M. Yusuf, V. Prasetia, S. D. Riyanto, A. A. Rafiq, and I. Pendahuluan, “Desain Simulasi Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa dengan Switching Space Vector Pulse Width Modulation II . LANDASAN TEORI matematis motor induksi dalam model d-q dan tipe squirrel cage yang mempunyai beberapa menggunakan rangkaian ekiva,” ECOTIPE, vol. 6, no. 1, pp. 24–31, 2019.

S. J. Chapman, Electric Machinery Fundamentals. New York: McGraw-Hill, 2012.

Danfoss, Danfoss Design Guide VLT Automation Drive FC 301/302 0.25-75 kW. Danfoss VLT The Real Drive, 2013.

N. Mohan, Advanced Electric Drives Analysis,Control and modeling using MATLAB/Simulink. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc, 2014.


Article Metrics

 Abstract Views : 1736 times
 PDF Downloaded : 640 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.