Sistem Tenaga Listrik Berbasis Hybrid Pada Alat Penetas Telur Puyuh

Juli Sardi(1), Risfendra Risfendra(2),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.107221

Full Text:    Language : en

Abstract


Peternak puyuh saat ini melakukan penetasan telur tidak lagi melalui pengeraman induk, tetapi menggunakan alat penetas telur. Alat penetas telur adalah suatu alat yang berbentuk ruangan tertutup yang dipanasi dan digunakan untuk mengerami dan menetaskan telurdilengkapi dengan pemanas telur dan sensor suhu sehingga suhu yang terdapat pada alat penetas telur dapat distabilkan.Untuk menetaskan telur puyuh diperlukan suhu ruang sekitar 390  C selama lebih kurang 21 hari.Alat penetas telur puyuh yang ada saat ini hanya mengandalkan sumber listrik dari PLN. Selama proses penetasan sumber listrik untuk alat penetas tidak boleh mati karena akan berdampak gagalnya telur untuk entaskan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu alat penetas telur puyuh dengan menggunakan sistem tenaga listrik berbasis hybrid. Sistem hybrid ini terdiri dari sumber listrik PLN sebagai sumber listrik utama dan energi matahari melaui panel surya sebagai sumber listrik cadangan. Sistem ini bekerja secara otomatis karena diatur menggunakan Automatic Transfer Switch (ATS). Hasil yang didapatkan adalah semua bagian yang terdapat pada sistem hybrid dapat berfungsi dengan baik. Alat ini bisa digunakan oleh peternak telur puyuh untuk menetaskan telur.

Keywords


Sitem Tenaga Hybrid, Panel Surya, Telur Puyuh, Alat Penetas Telur

References


Ramdan Ahaya, Syamsu Akuba. Rancang Bangun Alat Penetas Telur Semi Otomatis. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo, Volume 3 Nomor 1, April 2018, pp 44-50, 2018.

Jasa Lie. Pemanfaatan Mikrokontroler Atmega163 Pada Prototipe Mesin Penetas Telur Ayam. Fakultas Teknik Universitas Udayana. Denpasar. 2006.

Syafik, Koko Joni, Achmad Fiqhi Ibadillah. Rancang Bangun Alat Penetas Telur Ayam Otomatis dengan Metode PID Controller Berbasis Energi Hybrid. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer TRIAC; Universitas Trunojoyo.Eggen. 2017.

Firman H Yanuar. Otomasi Sistem Pengaturan Suhu, Kelembaban, Sirkulasi Udara dan Pemutar pada Mesin Penetas Telur Dengan Menggunakan PLC Twido TWDLMDA20DTK. Institut Teknologi Nasional. Bandung. 2010.

Taufik Ismail Ar, Nasrun Hariyanto, Waluyo. Perancangan dan Realisasi Alat Penatas Telur dengan Catu Daya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Arduino Uno R3. Jurnal Reka Elkomika Vol 3 No.1. Institut Teknologi Nasional. 2017


Article Metrics

 Abstract Views : 1326 times
 PDF Downloaded : 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.