Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Helsi Mariska Putri(1), Hansi Effendi(2),
(1)   Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105270

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model Guided Discovery Learning dengan siswa yang belajar secara konvensional pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE). Jenis penelitian ini  adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu kelas TOI sebagai kelas eksperimen dan TITL1  sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar siswa menggunakan soal objektif. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 79,2 dan kelas kontrol 73 dengan simpangan baku 7,62 dan  8,7. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberikan model guided discovery learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak diberikan perlakuan. 


Keywords


guided discovery learning, learning outcome, basic electricity and electronics

References


Sistem Pendidikan Nasional, “Undang-Undang No.20 Tahun 2003,” Dep. Pendidik. Nas., 2003.

H. Effendi and Y. Hendriyani, “THE DEVELOMENT OF INTERACTIVE BLENDED PROBLEM BASED LEARNING MODEL FOR PROGRAMMING SUBJECT.” 14-Oct-2018.

H. Effendi, “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB: SEBUAH STUDI PENDAHULUAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG,” in Education International Seminar, 2014, pp. 844–853.

H. Effendi and Y. Hendriyani, “PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING INTERAKTIF DENGAN PROSEDUR BORG AND GALL,” in 2nd International Seminar on Education, 2016, pp. 62–70.

H. Effendi, Soenarto, and H. Sofyan, “The Effectiveness of Web-Based Interactive Blended Learning Model in Electrical Engineering Courses,” Res. Eval. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 175–185, 2015.

I. Kurniasih and S. Berlin, Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena, 2014.

O. Hamalik, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, no. 01. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

J. Suprihatiningrum, Strategi pembelajaran teori & aplikasi. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia, 2016.

Sugiyono, “metode penelitian pendidikan (kuantitatif kualitatif dan R & D),” Bandung Alf., 2016.

Sudjana., Metoda Statistika. Tarsito. Bandung: Tarsito Bandung, 1982.


Article Metrics

 Abstract Views : 648 times
 PDF Downloaded : 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.