The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Rendahnya motivasi, aktivitas belajar dan penguasaan konsep mahasiswa dalam mata kuliah Fisika Modern perlu disikapi dengan segera, karena hal ini akan berdampak kepada mata kuliah Fisika Lanjut. Untuk itu perlu dilakukan suatu proses pembelajaran yang terintegrasi/Program Terpadu Interaktif (tes kecil/kuis,pemberian konsep esensial, diskusi kelompok, diskusi kelas dan tugas mandiri dikontrol). Sebelum dilakukan tindakan, terlebih dahulu mahasiswa di tes, kemudian berdasarkan skor tes, mahasiswa dikelompokkan menjadi 6 kelompok yang homogen antara satu kelompok dengan kelompok lain. Selama proses penerapan program terpadu interaktif ini, setiap minggu di awal perkuliahan dilaksanakan kuis (materi kuis 70% materi yang lalu dan 30% materi yang akan dipelajari), pemberian konsep esensial, diskusi kelompok, diskusi kelas dan selama berlangsung perkuliahan dilakukan pengamatan menggunakan format observasi, perekaman suara dan gambar menggunakan handycam. Setiap akhir perkuliahan selalu dilakukan wawancara dengan 2 atau 3 orang mahasiswa yang dipilih secara acak,direkam menggunakan tape recorder. Diakhir setiap siklus dilakukan tes hasil belajar dan pengisian angket terbuka oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa : Skor kuis dari minggu ke minggu menunjukkan peningkatan, berarti adanya peningkatan usaha belajar, begitu juga dengan adanya peningkatan hasil belajar. Dari wawancara dan angket ditemukan bahwa mahasiswa merasa pikirannya lebih terbuka, belajar tanpa tekanan, situasi belajar lebih akrab, demokratis, merasa diri lebih berharga, dan terbina kerjasama yang baik.
Kata Kunci : Action Research, Fisika Modern, Program Terpadu Interaktif