PENGARUH PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL

Leny Radily Leny radily(1),
(1)   Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v2i2.1402

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian  ini  berawal  dari  fenomena  di  sekolah  guru  sering
menggunakan  metode  ceramah,  sehingga  siswa  pasif  dan  mengakibatkan
rendahnya  hasil  belajar  pada  mata  pelajaran  TI&K.  Penelitian  ini  bertujuan
untuk  melihat  pengaruh  dari  penggunaan  strategi  Active  Learning  Tipe
Crossword Puzzle  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di
kelas VII SMP N 3 Batang Anai.
Penelitian  ini  berbentuk  kuantitatif  dengan  pendekatan  quasy
experiment. Populasi adalah siswa kelas VII yang berjumlah 334 orang yang
terdiri  dari  9  kelas  dan  teknik  pengambilan  sampelnya  adalah  purposive
sampling,  yaitu  kelas  VII
9  sebagai  kelas  eksperimen  dan  VII4  sebagai  kelas
kontrol  masing-masing  berjumlah  36  orang.  Teknik  pengumpulan  data
adalah  tes  dan  alat  pengumpul  data  adalah  lembaran  tes  dan  lembaran
jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penggunaan  strategi  Active
Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  berpengaruh  terhadap  hasil  belajar  siswa
pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII9, nilai
rata-rata  yang  diperoleh  kelompok  eksperimen  sebesar  79,5  dan  kelompok
kontrol  72,2.  Kelompok  eksperimen  yang  belajar  dengan  Strategi  Active
Learning  Tipe  Crossword  Puzzle  memperoleh  nilai  rata-rata  “lebih  tinggi”
dibandingkan  dengan  kelompok  kontrol  yang  belajar  dengan  pembelajaran
konvensional

Article Metrics

 Abstract Views : 913 times
 PDF Downloaded : 780 times

Refbacks