Pemanfaatan Gadget oleh Anak Usia Dini pada Era Digital Native dalam Rangka Pemerolehan Bahasa Inggris

' Fitri Maiziani, Winanda Amilia(1),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110997

Full Text:    Language : id

Abstract


Perkembangan dan pemanfaatan teknologi telah merambah ke berbagai lini kehidupan. Generasi yang lahir pada era Digital Native telah mengenal dan memanfaatkan teknologi sedari usia dini. Sehingga tidak dapat dipungkiri membuat proses berfikir, tingkah laku, dan cara belajar generasi tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya yang dikenal sebagai generasi Digital Imigrant. Pemanfaatan teknologi pada usia dini memberikan dampak positiv maupun negative. Pemanfaatan teknologi oleh anak usia dini butuh bimbingan dari orang tua. Karena teknologi tidak hanya menyajikan konten positive, namun di dalam teknologi juga terdapat aspek negative. Perlu dilakukannya filterisasi pemanfaatan teknologi bagi anak usia dini oleh orang tua. Jika dilakukan pengarahan pemanfaatan teknologi yang baik dan tepat oleh orang tua, maka teknologi dapat menjadi sebuah sarana belajar yang menyenangkan bagi anak usia dini. Aplikasi bermain dan hiburan anak-anak banyak tersedia pada teknologi, dan tidak sedikit dari aplikasi permaianan dan hiburan yang tersaji pada gadget menggunakan bahasa inggris. Artikel ini berupa studi kepustakaan (library research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pedagogis. Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan, pemanfaatan teknologi oleh anak pra sekolah di era digital native dapat menambah pemerolehan bahasa inggris anak usia dini dalam bentuk vocabularry.

Keyword : Gadget, Anak Usia Dini, Digital Native


References


Lulu Choirun Nisa.(2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Sawwa – Volume 7, Nomor 2, April 2012

Sari, P dan Mitsalia A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di Tkit Al Mukmin. Jurnal Profesi 13 (2) : 73 – 77.

Wiwin Hendriani.(2017). Menumbuhkan Online Resilience pada Anak di Era Teknologi Digital. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang. ISBN: 978-602-1145-49-4

Wulanda Aditya Azis.(2016). Analisis Kualitatif Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini . Jurnal Tunas Siliwangi Vol.2 | No.2 | Oktober 2016.

Undang Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 9 ayat 1


Article Metrics

 Abstract Views : 1827 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.