Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Think Pair Share Berbantukan Video Animasi Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Materi Pemilu di MI Al-Islami Mergowati

Sam Fery Baehaki(1), Rasimin Rasimin(2),
(1) Pasacasarjana PGMI, IAIN Salatiga  Indonesia
(2) IAIN Salatiga  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115419

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran mengenai model pembelajaran Think Pair Share berbantukan Video Animasi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan materi pemilu atau pemilihan umum. Lokasi penelitian yaitu di MI Al-Islami Mergowati. Jenis penelitian research and development dengan prosedur berupa pengumpulan informasi, studi literasi, rancangan produk serta validasi oleh ahli pembelajaran, dan hasil revisi. Kebutuhan dalam pengembangan produk adalah studi literasi, observasi, wawancara, angket, rancangan produk, pembuatan produk, validasi, revisi, uji coba efektifitas, dan analisis data. Pada penelitian ini dilakukan uji efektifitas dilakukan melalui uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dengan melibatkan guru dan peserta didik. Uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat ukuran data yang normal dan homogen, uji efektifitas dilakukan dengan t-test, dilakukan terhadap subyek penelitian untuk mengukur perbedaan hasil pre –test sebelum menggunakan produk pembelajaran dan pos-test setelah menggunakan produk pembelajaran. Bentuk produk pembelajaran adalah implementasi empat komponen penting, meliputi fase think (berfikir mandiri), fase pair (diskusi), fase bantuan video animasi, sarana mempertajam informasi dan fase share (membagikan hasil diskusi). Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas vi madrasah ibtidaiyah, untuk uji coba kelompok kecil terdiri dari 1 orang guru dan 5 peserta, dan uji coba kelompok besar dilakukan terhadap 1 orang guru dan 27  peserta didik. Kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan nilai prestasi belajar siswa sebelum menggunakan produk pembelajaran think pair share berbantukan video animasi dan nilai prestasi belajar siswa setelah menggunakan produk pembelajaran think pair share berbantukan video animasi. Atas dasar hasil uji t-test tersebut secara signifikan model pembelajaran think pair share berbantukan video animasi menunjukkan keefektifannya. Produk pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas

Keywords


Pembelajaran Aktif; Think Pair Share; Video Animasi.

References


Ghufron, A. (2011). Pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang pendidikan dan pembelajaran. Handout. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 1-11.

Ri, D. P. I. D. (2006). Undang-undang dan peraturan pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendidkan Islam Depag RI.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agus, S. (2009). Cooperative learning teori dan aplikasi paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Agama, Qur’an Kemenag, LPMQ. https://quran.kemenag.go.id/

Hanafi, H., & ISLAMICA, S. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.