Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar

Reinita Reinita(1),
(1) STKIP ADZKIA  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112282

Full Text:    Language : id

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari II siklus. Meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 28 Korong Gadang Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dari: rata-rata aktivitas belajar siswa pada oral activities siklus I 69,5% sedangkan di siklus II 82%, rata-rata visual activities siklus I 71% sedangkan di siklus II 82%, rata-rata listening aktivities siklus I 70% sedangkan di siklus II 80,5%. Dengan demikian aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas IV dapat ditingkatkan melalui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning.


Keywords


Penelitian tindakan kelas; Contextual Teaching and Learning,; Pembelajaran PKn

References


Arikunto, Suharsimi (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. PT. Refika Aditama.

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Rineka Cipta.

Reinita (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2113–2117. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.242

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.

Suharsimi, A. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Taufik, T. dan M. (2011). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Sukabupatenina Press.

Winataputra, U. (2014). Pembelajaran PKn di SD. Universitas Terbuka.


Article Metrics

 Abstract Views : 389 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.