Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo Kecamatan Botupingge
(1) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo  Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo  Indonesia
(3) Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo  Indonesia
Corresponding Author
DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112187
Full Text: Language : id
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gaya mengajar guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo. (2) Motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo. (3) Hubungan gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 313 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel berjumlah 76 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Gaya mengajar guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo berada pada persentase sebesar 84.44% atau kriteria sangat baik. (2) Motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Model Gorontalo berada pada persentase sebesar 80.58% atau kriteria baik. (3) Gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,763. Untuk itu disarankan : (1) bagi Sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi belajar siswa agar bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas. (2) bagi Guru diharapkan gaya mengajarnya agar lebih ditingkatkan lagi untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. (3) bagi peneliti diharapkan dapat memperkuat kemampuan menganalisis tentang gaya mengajar guru dengan motivasi belajar siswa.
Keywords
References
Ahmadi, Abu dan Tri Joko. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia.
Atmaja, P.P. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta : Arruz Media
Bawanti, Dewi dkk. 2019. Hubungan Sarana Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Internasional Jurnal of Elementary Education, Vol.3, No.3 hal.335-343.
Daryono. 2013. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.
Djafri, N. 2016. Guru Dan Tantangan Peradaban Bangsa Menuju Masyarakat Ekonomi Asean. Prosiding : Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Lamatenggo, N. 2016. Keterampilan Mengajar Guru Dilihat Dari Kinerja Supervisor Di Sekolah Dasar Di Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII Tahun 2016. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
Masaong, K dan Tilome, A. 2014. Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Bandung : Alfabeta
Mulyasa E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya.
Munsyi. A, Hasyim. N dan Mukhrim. 1981. Pedoman Mengajar Bimbingan Praktis Untuk Calon Guru. Surabaya: Usana Offset
Nasution. 2011. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Naway, F. Bayu, T.F. Polinggapo, M. 2020. Pengaruh Iklim Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bonebolango. Prosiding Seminar Nasional ADRI Gorontalo. Tema : Merdeka Belajar. Gorontalo : Perkumpulan Ahli dan Dosen RI (P-ADRI)
Roskina, S. 2012. Hubungan Kompetensi Personal dan Profesional Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMKN 2 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.19. No.2. Oktober 2012. Malang : LP3 Universitas Negeri Malang
Saleh, E. P. 2013. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA PRASETYA Kota Gorontalo. Skripsi. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Suking, A. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berkomunikasi Guru. Prosiding : Musyawarah Kerja APMAPI dan Temu Ilmiah Nasional Manajemen Pendidikan 2014. Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.
Sumar, W. T. 2013. Kesulitan Guru dalam Menginplementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Senarai Ilmu Pendidikan : Kado Ulang Tahun Emas UNG 2013. Gorontalo : Ideas Publishing
Uno, H. 2013. Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Usman, U. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract Views : 4266 timesPDF Downloaded : 1020 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.