Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di Universitas Darussalam Gontor

Maghfiroh Maghfiroh(1), Sedya Santosa(2),
(1) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia
(2) Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110439

Full Text:    Language : id

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu perguruan tinggi di Unida Gontor, (2) Bagaimana evaluasi manjemen sumber daya manusia di Unida Gontor. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Informan kunci pada penelitian ini melibatkan wakil rektor 2 dan didukung oleh informan tambahan yaitu staff SDM dan beberapa dosen Universitas Darussalam Gontor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan merupakan teknik analisis data yang digunakan penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini mencakup Implementasi, monitoring dan evaluasi manajemen sumber daya manusia di Universitas Darussalam Gontor yaitu: 1) Pembinaan dan Pengembangan Profesional Oriented dan Spiritual Oriented yaitu fokusnya untuk membina dengan tujuan peningkatan kualitas SDM sesuai profesi yang meliputi tri dharma perguruan tinggi dan melalui pendekatan spiritual habit pendekatan tersebut meliputi: studi lanjut gelar, pertemuan-pertemuan ilmiah, penugasan-penugasan, lokakarya, pembelajaran bahasa Arab olah fikir, olah dzikir, yang meliputi kajian-kajian keislaman, tahfidz, Qiroatul Quran, sholat berjamaah, puasa senin kamis 2) Monitoring dan evaluasi yang dilakukan Unida Gontor dengan melakukan mengetahui rekam jejak SDM yang meliputi system monitoring dan evaluasi kinerja dosen dan tenaga kependidikan. Sistem monitoring dan evaluasi rekam jejak kinerja dosen Universitas Darussalam Gontor dilakukan bagian penjaminan mutu Universitas Darussalam Gontor. Selanjutnya bagian penjaminan mutu Unida Gontor melakukan tugas tersebut setiap akhir semester dengan mengacu monitoring dan evaluasi kinerja dosen Unida Gontor, aspek penilaian meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

Keywords


Manajemen; Sumber Daya Manusia; Perguruan Tinggi

References


Almasri, M. N. (2016). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: IMPLEMENTASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2).

Cahyani, S. S. A., Timan, A., & Sultoni. (2019). MANAJEMEN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PESERTA DIDIK DI KAMPOENG KIDS. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1).

Hariyanto, & Harahap, R. S. (2018). EVALUASI KINERJA KOMISI PENEGAK ETIKA PEMERINTAHAN DAERAH (KPEPD) DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2008 DI KOTA SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(1).

Hasibuan. (2017). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Bumi Aksara.

Hindriari, R. (2018). PENGARUH REKRUTMEN DAN SELEKSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BOGA LESTARI SENTOSA. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2(1).

Kadarisman. (2013). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Raja Rajawali Pers.

Kaengke, A. S., Tewal, B., & Uhing, Y. (2018). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. AIR MANADO. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1).

Notoadmodjo, S. (2011). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. Rineka Cipta.

Putra, F. F., Mustiningsih, & Sumarsono, R. B. (2018). MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS DHAMYSOGA CHARACTER CAMP (DCC) SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4).

Sholihah, H. (2018). IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MAN YOGYAKARTA 3. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1).

Sularmi, L. (2018). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Wom Finance, Tbk Jakarta). Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia (JENIUS), 2(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 1697 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 478 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.