APLIKASI LOGIKA FUZZY PADA PENGENDALIAN VALVE UNTUK MENGATUR TINGGI LEVEL AIR

Surya Ningsih -

Abstract


Penelitian ini mengimplementasikan kendali logika fuzzy pada pengendalian valve untuk mengatur tinggi level air. Kendali logika fuzzy merupakan sistem kendali cerdas dengan proses penalaran matematis yang sangat sederhana, mudah dimengerti dan memeliki respon yang sangat baik terhadap sistem.

Tinggi level air yang kita inginkan dapat kita atur melalui set point yang diimplementasikan dalam perangkat lunak yang mana tinggi level air yang dikendalikan diharap berada pada jarak 20 Cm dari sensor dan pada sistem dipasang sebuah sensor jarak Sharp GP2Y0A21 yang akan mendeteksi setiap perubahan tinggi level air karena gangguan yang diberikan dan hasil pengukurannya dijadikan sebagai sinyal umpan balik yang  menjadi masukan pada fuzzy logic controler.Metode ini memiliki dua masukan yaitu error dan D-error sedang kan keluaranya berupa pengaturan arah putaran motor yang akan menyesuaikan tinggi level air dengan set point.

Respon sistem yang dihasilkan pada penelitian ini baik, proses pengisian dapat bekerja sesuai dengan range yang diberikan sehingga level air yang dihasilkan sesuai dengan nilai referensi.

 

 

Kata kunci : Fuzzy Logic, ATmega 8535, Sensor Sharp GP2Y0A21, Valve, Motor DC.

Full Text:

 Subscribers Only