RANCANG BANGUN MESIN PENGHANCUR GELAS PLASTIK OTOMATIS MENGGUNAKAN ATMEGA 8535

Donni Zikraniko -

Abstract


Penanganan masalah sampah jenis anorganik seperti gelas bekas kemasan air minum yang tidak dapat membusuk dengan sendirinya adalah dengan cara daur ulang. Dalam porses daur ulang gelas bekas tersebut diperlukan alat atau mesin untuk menghancurkan gelas plastik agar menjadi biji kembali sebelum ke proses selanjutnya.

Bedasarkan hal tersebut pada Tugas Akhir ini dirancang dan dibuat mesin penghancur gelas plastik otomatis menggunakan mikrokontroler ATmega 8535. Pada alat ini digunakan beberapa komponen agar sistem ini dapat bekerja sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Adapun komponen tersebut diantaranya IC ATmega 8535 sebagai otak kontroler, inductive proximity sensor sebagai pendeteksi logam, motor induksi satu fasa sebagai penggerak pisau penghancur  dengan daya 373 watt, serta digunakan Motor DC power window untuk memisahkan antara logam dan plastik. Untuk mempertahankan kinerja mesin secara maksimal maka motor AC memiliki kinerja yang konstan. Jumlah gelas plastic yang masuk dan kondisi motor akan ditampilkan pada LCD.

Mesin penghancur ini memiliki kapasitas 5 kg/jam Pisau penghancur berbentuk silindris dengan diameter 62 mm, diameter puli 54 mm dan 116 mm, V-belt tipe A, diameter poros 15 mm. Kecepatan rol pisau penghancur 184 rpm dengan daya  motor listrik 0,5 hp.

Kata kunci : ATmega 8535, Inductive Proximity Sensor, Pemanfaatan Limbah Plastik, Penghancur Gelas Plastik


Full Text:

 Subscribers Only