APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA 16 SEBAGAI PENGONTROL AYUNAN BAYI OTOMATIS YANG DILENGKAPI DENGAN SENSOR SUARA

Nela Sari -

Abstract


Pembuatan Tugas Akhir ini dilatar belakangi dari banyaknya perempuan di kota besar menunjukkan eksistensi dirinya melalui karir profesional. Pendapatan pribadi yang diterima setiap bulan merupakan bentuk kebangaan sekaligus identitas sebagai individu yang mandiri.

Setelah seharian bekerja para ibu rumah tangga tersebut telah mengalami kelelahan. Seperti halnya dalam merawat bayi, sering sekali para ibu kelelahan dalam menimang untuk menidurkan anaknya. Akibatnya bila anak tersebut terjaga dan menangis, tidak ada yang bisa menghiburnya.

Berdasarkan hal diatas pada Tugas Akhir ini dirancang dan dibuat ayunan bayi secara otomatis. Diperlukan beberapa komponen pendukung agar sistem ini dapat bekerja sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Adapun komponen pendukung tersebut diantaranya, Mikrokontroler ATMega 16 sebagai otak kontroler, sensor suara untuk mendeteksi tangisan bayi, sensor kelembaban untuk mendeteksi keadaan kasur basah akibat dari bayi buang air, 2 buah LED sebagai indikator apabila kasur dalam keadaan basah. Sedangkan untuk menggerakkan ranjang ayunan (box) bayi digunakan motor DC jenis magnet permanen.

Ayunan bayi otomatis ini telah diuji pada bayi bernama Bilqis dan alat ini telah bekerja sesuai dengan parameter yang dirancang pada setiap komponen.

 

Kata Kunci :    ATMega 16, Sensor suara, Sensor kelembaban, Motor DC, LED


Full Text:

 Subscribers Only