HUBUNGAN CARA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MENGGUNAKAN MESIN UNTUK OPERASI DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

ARLI FIRMANTO -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu cara belajar di sekolah sebagai variabel X, dan hasil belejar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-postfacto yang mengkaji faktor-faktor yang telah terjadi yang diperkirakan dapat dijadikan sebagai penyebab dari keadaan yang sekarang, kemudian mencoba menyelidiki dan menganalisa faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor dikaji untuk melihat hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun ajaran 2015/2016 yaitu terdiri dari 2 kelas dengan jumlah seluruh siswa 41 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan daftar nilai hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian teknik pemesinan pada mata diklat Menggunakan Mesin Untuk Operasi dasar. Dari hasil perhitungan analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara cara belajar dengan hasil belajar adalah 0,611. Harga rtabel = 0,308 dengan taraf signifikan 5%, jadi harga rhitung > rtabel, maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara cara belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata diklat Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Kata kunci : Hubungan, Cara Belajar di Sekolah, Hasil Belajar


Full Text:

PDF