PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTEK TERBIMBING MATA DIKLAT LAS BUSUR MANUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PRAKTEK SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

RAHMAD YANI -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran praktek terbimbing untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar praktek bagi siswa.Penelitian ini mengugunakan tes dan lembar pengamatan. Tes yang dimaksudkan adalah tes unjuk kerja yang dilakukan saat siswa melakukan praktek setiap tindakan untuk memperoleh data kemajuan siswa, sedangkan lembar pengamatan dilakukan oleh guru terhadap kegiatan siswa pada waktu tes dan proses praktek berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui model Pembelajaran Praktek Terbimbing meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata diklat Las busur Manual kelas XI Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun pelajaran 2015/2016, berdasarkan lembar pengamatan untuk aktivitas belajar dari awal ke siklus dua terlampir terjadi peningkatan rerata dari 69,75 menjadi 79 dan meningkat lagi dan meningkat lagi menjadi 3,69%. menjadi 83 atau meningkat sebesar 13,26% persen dan meningkat lagi menjadi 5,06%. Sedangkan untuk hasil belajar dari awal ke siklus dua terjadi peningkatan nilai rerata dari 71,7 menjadi 78,63 dan meningkat lagi menjadi 81,53 atau meningkat sebesar 9,67% persen

Kata Kunci: Model Pembelajaran Praktek Terbimbing, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar .


Full Text:

PDF