PERENCANAAN KONSTRUKSI RANGKA DAN SISTEM PENGGERAK PADA RANCANG BANGUN MOBIL BERTENAGA LISTRIK

REODHY HAMZAH -

Abstract


Konsumsi energi semakin lama semakin meningkat menyebabkan sumber energi fosil seperti minyak, batu bara dan gas alam semakin menipis. Cadangan minyak semakin menipis disebabkan pemakaian minyak sebagai bahan bakar transportasi semakin meningkat. Pemakaian minyak pada kendaraan dapat menimbulkan emisi gas buang akan mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia serta menyebabkan menipisnya cadangan minyak. Perlu dikembangkan energi alternative untuk mengatasi krisis energi dan mengurangi pemakaian minyak pada transportasi, seperti mengembangkan kendaraan ramah lingkungan yaitu mobil listrik.Penelitian ini bertujuan untuk membuat konstruksi rangka ringan dan sederhana pada sebuah prototype mobil bertenaga listrik serta mengetahui beban maksimum yang dapat ditahan rangka dan mengetahui kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.dimulai dari menganalisis komponen untuk menentukan jenis komponen dan bahan , perencanaan pembuatan dan pengujian alat, serta menyimpulkan hasil pengujian. Dari hasil analisis didapatkan beban maksimum yang dapat ditahan oleh rangka adalah Sistem penggerak menggunakan poros dengan ukuran , kecepatan rantai penggerak sebesar . Dengan demikian kecepatan mobil diperkirakan dapat mencapai . dalam aplikasi ketika uji coba diperoleh kecepatan maksimal

Kata Kunci :Mobil Listrik, Beban Maksimum, Kecepatan Maksimum


Full Text:

 Subscribers Only