KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MESIN PERKAKAS TANGAN DI SMK NEGERI 1 PADANG

JERI ARIKSA -

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya nilai mata pelajaran Mesin Perkakas Tangan yang masih sebatas nilai KKM saja. Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau tidak terhadap pembelajaran Mesin Perkaks Tangan adalah dari kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah proportional random sampling.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Angket yang disebarkan telah dilakukan uji validitas isi (content validity) dan validitas butir (construct validity) yang hasilnya disusun dalam bentuk skala Likert. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar Mesin Perkakas Tangan siswa kelas X SMK N 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar Mesin Perkakas Tangan siswa kelas X diSMK N 1 Padang, dengan tingkat signifikan Ξ± = 0,05 danπ‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” 6,12 >π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™1,664 . Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji koefisien determinansi adalah 32,94 %.
Kata Kunci :Korelasi, Hasil Belajar dan Persepsi

Full Text:

 Subscribers Only