KONTRIBUSI SIKAP BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASILBELAJAR MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

HASBI RAMADHAN -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) dan Teknik Otomotif Sepeda Motor (TOSM) di SMKNegeri 1 Koto XI Tarusan yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). 28,7 % siswa mendapat nilai dibawah KKM. KKM ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur yaitu 75.Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kontribusi sikap belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa kelas X TOKR dan TOSM di SMKNegeri 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 115 dan sampel 57 siswa kelas X TOKR dan TOSM SMKNegeri 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan secara acak.Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur SMKNegeri 1 Koto XI Tarusan.Data sikap belajar dan konsep diri dikumpulkan melalui angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan program SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 17,5 %, konsep diri sebesar 22,7 %, serta sikap belajar dan konsep diri secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 30,3 % terhadap hasil belajar siswa SMKNegeri 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Dengan demikian, semakin baik sikap belajar dan konsep diri dalam proses belajar mengajar maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Kata Kunci : Kontribusi, Sikap Belajar, Konsep Diri, Hasil Belajar.


Full Text:

 Subscribers Only