HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PENDIDIKAN KEJURUAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT DASAR PERMESINAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

DISTA SWEMPI -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Pendidikan Kejuruan terhadap hasil belajar mata diklat dasar permesinan teknik mesin kelas X jurusan teknik mesin di SMK N 2 sawah Lunto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi pendidikan kejuruan sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan teknik mesin di SMK Negeri 2 Sawah Lunto yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 16,00.Uji coba instrument penelitian dilakukan kepada siswa jurusan teknik mesin kelas X sebanyak 47 siswa. Untuk menentukan validitas angket menggunakan program SPSS dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 2 item. Hasil penelitian, diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,479 artinya persepsi pendidikan kejuruan mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap hasil belajar dasar permesinan, dengan demikian Semakin baik persepsi pendidikan kejuruan maka semakin baik pula hasil belajar dasar permesinan, dengan kategori interpretasi koefisien korelasi agak rendah.
Kata Kunci : Presepsi, Pendidikan Kejuruan, Hasil Belajar

Full Text:

 Subscribers Only