GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR (STUDI KORELASI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG)

ILHAM DASRI -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Mata Diklat Las Listrik Siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK N 1 Padang.Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Mesin yang berjumlah 96 siswa di SMK N 1 Padang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling di mana sampel yang diperoleh yaitu siswa kelas X Teknik mesin sebanyak 49 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Liker yang telah di uji validitas realibilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar siswa.Data yang dikumpulkan tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan computer program SPSS versi 16.00 for windows.Hasil dari analisis data diperoleh bahwa“Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa (X) dengan hasil belajar (Y) mata diklat Las Listrik Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Padang”. Hasil analisis data pada hipotesis dalam penelitian ini adalah nilai rhitung > rtabel 0,472 > 0,364 dan nilai thitung> ttabel (3,673>1,678) dimana ttabel diperoleh pada α = 5 % dengan (df) = n-2 = 47, maka Ho ditolak, Ha diterima artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa (X) dengan hasil belajar (Y) mata diklat Las Listrik Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Padang.Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa gaya beajar merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Las Listrik.

Kata Kunci :Gaya Belajar, Hasil Belajar dan Las Listrik


Full Text:

 Subscribers Only