HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DI SMK N 1 PADANG

MUHAMAD ZUHARDI -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang proses Pembelajaran siswa kelas XSMK N 1 Padang, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1 Padang dan untuk mengungkap hubungan persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X SMK N 1
Padang. Jenis penelitian ini adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Angket yang disebarkan telah dilakukan
uji validitas isi (content validity) dan validitas butir (construct validity) yang hasilnya disusun dalam bentuk skala Likert. Teknik analisa data yang dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20 dengan persyaratan pengujian analisa yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hipotesis dari penelitian ini adalah
terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X
SMK N 1 Padang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang proses pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X di SMK N 1 Padang. Besarnya hubungan adalah 62% yang dikategorikan pada kategori kuat dengan tingkat pencapaian
responden persepsi siswa tentang proses pembelajaran adalah 75,11 % yang dikategorikan cukup baik dan tingkat pencapaian responden siswa terhadap hasil belajar siswa adalah 73,48 %yang dikategorikan cukup baik.


Kata Kunci : Persepsi siswa, Hasil Belajar, Hubungan


Full Text:

 Subscribers Only