HUBUNGAN CARA MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK MESIN DI SMK N 5 PADANG

Azhari Azhari -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat 1) bagaimana cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif di SMKN5 Padang ; 2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas X teknik mesin di SMKN5 Padang ; 3) bagaimana hubungan cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif dengan motivasi belajar siswa kelas X teknik mesin di SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode korelasional, populasi sebanyak 120 orang peserta didik, sampel dipilih sebanyak 55 orang dengan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Temuan penelitian adalah (1) cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif berada pada kategori sedang dengan 49,09%. (2) motivasi belajar siswa kelas X teknik mesin berada pada kategori sedang dengan 40,00%, dan (3) koefisien korelasi cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif dengan motivasi belajar siswa kelas X teknik mesin sebesar 0,509. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif di SMKN 5 Padang sedang secara keseluruhan dan motivasi belajar siswa sedang secara keseluruhan, hal ini berdasarkan pada perhitungan tabulasi angket. Terdapat hubungan yang signifikan antara cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif dengan motivasi belajar siswa kelas X teknik pemesin SMK N 5 Padang , artinya semakin bagus cara mengajar guru pada mata pelajaran produktif, maka akan tinggi pula motivasi belajar siswa.

Kata Kunci : Cara Mengajar, Guru Pada Mata Pelajaran Produktif, Motivasi Belajar, Siswa, Korelasi


Full Text:

 Subscribers Only